“Jika¬† tak SANGGUP mengelola daerah ini, serahkan kepada Amir Tamoreka-Furqanudin untuk berbuat lebih lagi untuk Banggai kedepan,”.

Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com– Tiga pasang calon Bupati Banggai telah usai menjalani debat putaran pertama yang di selenggarakan oleh KPUD Banggai, Minggu malam (8/11/2020). Paslon nomor urut 1 Sulianti Murad- Zainal Ali Hamu, Paslon nomor 2 Amiruddin Tamoreka-Furqanudin Masulili dan terakhir Paslon Nomor urut 3 Herwin Yatim-Mustar Labolo beradu gagasan dan program malam tadi di Hotel Swiss-belinn.

Dari jalannya debat dua pasang calon masing-masing pasangan Amir Tamorela-Furkanuddin Masulili serta pasangan Herwin-Mustar nampaknya yang paling menyedot perhatian publik ketika itu. Keduanya saling ‘serang” dan adu argumentasi soal program kerja lima tahun jika terpilih.

Amir Tamoreka-Furqanudin, memanfaatkan moment tersebut untuk unjuk kebolehan. Alhasil publik baik yang hadir maupun menyaksikan debat melalui live Chanel KPUD Banggai, berasumsi jika paslon nomor urut 2 ‘menguasai panggung’ debat.

Dengan kepercayaan tinggi Amir Tamoreka menjawab dengan lugas setiap sesi tanya jawab, baik itu menjawab pernyataan pasangan nomor 1 dan Paslon nomor 3.

Ada delapan topik yang menjadi materi debat yaitu sektor pertanian, perikanan, infrastruktur, wisata, pendidikan, pemberdayaan perempuan, lingkungan, lapangan kerja dan pemanfaatan potensi sumber daya alam.

Debat yang pandu oleh Dr. Abdullah Iskandar, SH itu, berlangsung enam sesi. Setiap Paslon nyampaikan gagasan, Pasangan Amir -Furqan misalnya menitik beratkan pada sektor pemanfaatan migas. Salah satu program yang dianggap cukup fantastis adalah rencana untuk mendirikan mini LNG, hal itu kata Amir tak lain untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Penyertaan modal BUMDes dan program pemberdayaan ekonomi lokal melalui satu juta satu pekarangan, adalah program andalan yang kemudian dikemukakan dalam debat berdurasi dua jam tersebut.

Dari program AT-FM diatas, ada beberapa sektor yang justru mendapat sanggahan dari pasangan Winstar, diantaranya adalah masalah penyertaan modal untuk BUMDes

Namun dengan kepercayaan diri yang tinggi, Amir dan Furkanudin, dapat menjawab dengan lugas.

“Untuk mewujudkan program tersebut, ada strateginya. Salah satunya adalah pemanfaatan sumber daya alam seperti minyak, gas, nikel dan sektor lainnya,” ujarnya.

Namun jawaban itu tak membuat pasangan Winstar puas, bukan Amir Tamoreka jika tak mampu menguasai ‘panggung’.

“Jika calon nomor urut 3 tak sanggup mengelola daerah ini, serahkan kepada Amir Tamoreka-Furqanudin untuk berbuat lebih lagi untuk Banggai kedepan,” tandasnya.***