Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com– Salah satu program unggulan prioritas yang telah dirancang oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai Nomor urut 2, Amiruddin Tamoreka-Furqanudin Masulili, adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang unggul.

Salah satunya dengan meningkatkan sarana pendidikan khususnya jenjang pendidikan perguruan tinggi. Di ketahui di kabupaten Banggai ada dua universitas yakni Universitas Tompotika (Untika) dan Universitas Muhammadiyah Luwuk. Dua universitas tersebut perlu sentuhan dari pemerintah, dengan melibatkan kalangan akademisi nya untuk berperan dalam merumuskan kajian ilmiah yang bersentuhan dengan kebijakan pemerintah.

Bukan itu saja kata Amir Tamoreka dihadapan sejumlah warga Kecamatan Luwuk ketika kampanye (26/10/2020) mengatakan di Kabupaten Banggai perlu ada universitas Negeri, sehingga para orang tua tidak perlu berpikir untuk menguliahkan anak-anak mereka ke luar daerah.

“Untika akan kita carikan solusinya agar statusnya dari universitas swasta naik menjadi universitas negeri. Ini cita-cita saya agar Unitka bisa menjadi universitas dengan status negeri. Sehingga tidak perlu kuliah jauh-jauh. Untuk itu saya punya strategi jitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya jenjang perguruan tinggi,” ujarnya.

Amir Tamoreka menambahkan, jika kualitas perguruan tinggi sudah setaraf dengan beberapa universitas lain di luar daerah. Maka para dosennya harus memiliki standar yang mumpuni juga.

“Banyak dosen putra daerah yang mengajar di luar daerahnya, saya kira jika ada universitas dengan status negeri di Luwuk, mereka senantiasa terpanggil untuk mengabdi dan mendedikasikan dirinya di tanah kelahirannya,” katanya.

Jika kualitas pendidikan tinggi sudah baik maka dengan sendirinya pemerintah akan membamgun sinergi dengan institusi pendidikan tersebut. Tentu hal itu dapat memunculkan solusi yang diperlukan memecahkan persoalan di daerah ini.

“Saat ini kemajuan perguruan tinggi di Luwuk sudah cukup baik. Namun perlu ada peningkatan lagi. Olehnya itu saya berkomitmen untuk memajukan dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi di Luwuk,” tandasnya.***