Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Mantan Ketua DPD II Partai Golkar Banggai, Samsulbahri Mang atau akrab di sapa Obama, mengingatkan agar camat maupun perangkat lain yang berstatus ASN menjaga netralitas dan jangan ikut ‘main’ dalam pusaran politik praktis. Apalagi dalam moment Pilkada yang tengah berlangsung seperti kali ini.

Hal itu Obama sampaikan dalam orasi politiknya pada moment kampanye AT-FM di Kecamatan Nambo (26/10/2020).

Statemen Obama itu bukan tanpa alasan, karena dirinya telah mengendus adanya tindak-tanduk oknum camat dan oknum di pemerintahan desa/kelurahan yang mempolitisasi masalah bantuan sosial (Bansos) sebagai alat untuk menekan warga agar memilih pasangan calon bupati tertentu.

Fenomena itu kemudian diseriusinya dengan menghimbau kepada masyarakat di Kecamatan Nambo agar tidak mudah percaya dan terpengaruh dengan hal-hal seperti itu.

“Warga jangan muda percaya, jika ada oknum camat, kades dan aparat desa lainnya yang menyebutkan Bansos atau bantuan langsung tunai tidak akan dicairkan apabila tidak memilih salah satu pasangan calon,” papar wakil ketua II Dewan Banggai ini.

Obama menambahkan, siapapun yang bakal menjadi Bupati bantuan sosial seperti BLT tetap berjalan, sebab itu adalah program nasional, untuk kepentingan rakyat.

“Sekali lagi saya tekankan masyarakat jangan mudah dan mau diintervensi oleh siapapun termasuk oknum camat, kades, dan aparat sipil lainnya, yang mopolitisasi bansos untuk kepentingan pasangan calon bupati tertentu. Sebab kedaulatan tertinggi ada ditangan rakyat. Tentukan pilihan anda dengan nurani dan akal sehat,” tandas Obama.**

,