Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Kabupaten Banggai menyimpan berbagai macam potensi daerah yang selama ini menjadi komoditas unggul. Namun hal itu belum termanfaatkan secara maksimal.

Melihat potensi itu, calon pemimpin Banggai Amiruddin Tamoreka -Furqanudin Masulili tak ingin masyarakat khususnya kalangan ibu rumah tangga yang mendiami pedesaan hanya berpangku tangan dirumah. Pasangan ini dengan kajian matang telah memasukan dalam program kerja mereka.

Calon Bupati Amir Tamoreka, menyampaikan komitmennya dalam upaya pemberdayaan masyarakat lokal. Salah satunya adalah dengan mendorong produktifitas bagi kalangan ibu rumah tangga yang berada di desa, dalam kampanye tatap muka di Desa Lokait Kecamatan Simpang Raya, Rabu (14/10/2020).

Amir menambahkan, setiap pekarangan rumah warga, harus dijadikan instrumen penggerak ekonomi rumah tangga.

Caranya kata Haji Amir, pihaknya akan mendorong alokasi anggaran setiap pekarangan senilai Rp 1 juta, untuk pemeliharaan tanaman pekarangan yang produktif. Dicontohkan, setiap desa harus ada komoditi yang dikembangkan di pekarangan.

Komoditi tersebut akan disatukan melalui BumDes untuk dipasarkan keluar desa. Bahkan jika produksinya banyak, akan di tampung melalui BUMD sektor pertanian ditingkat kabupaten untuk dipasarkan keluar daerah.

“Kita akan perkuat ekonomi keluarga dengan cara memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh masing masing keluarga,” pungkasnya. (*)