Laporan: Ferdinan

Poso,50detik.com – Ruas jalan dari arah Desa Meko Kecamatan Pamona Barat, menuju Pendolo ibu kota Pamona Selatan, hampir semua badan jalan berlubang.

Hal tersebut diakibatkan banyaknya aspal sudah terkelupas akibat tidak mampu menahan beban berat kendaraan yang lewat di jalan tersebut setiap hari.

Keadaan jalan rusak yang terjadi bertahun tahun mendapat reaksi keras dari anggota legislatif (Anleg) Kabupaten Poso, Abram Badilo. Pada Rabu, (3/12/2018).

Kepada 50detik.com Anleg dari dapil II Pamona Bersaudara tersebut menyatakan kekecewaanya setelah melihat kondisi jalan yang dibiarkan rusak bertahun tahun. ” Jalan ini urat nadi perekonomian ribuan warga Pamona yang tinggal di bantaran jalan dimaksud. Kalau kondisi demikian terus dibiarkan saya tidak bisa bayangkan bagimna sirkulasi pengangkutan hasil pertanian masyarakat di sana” kata Bram Badilo bernada kuatir.

Ditanya tentang mengapa DPRD Poso tidak membuat kebijakan anggaran atas kerusakan jalan yang sudah seperti kubangan kerbau tersebut, Bram berkelit bahwa jalan tersebut masih tanggungjawab pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. “Kalau penganggaran jalan ini merupakan tanggungjawab pemerintah Kabupaten Poso, sudah lama persoalanya kami sampaikan kepada eksekutif.

“Kami sudah sampaikan kepada eksekutif soal keadaan jalan tersebut sekaligus mencari solusi penganggaranya,” kata Bram Badilo kepada 50detik.com.

Jalan yang banyak mendapat protes pedas dari masyarakat tersebut sampai saat ini masih kewenangan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

“Bantaran jalan tersebut masih kewenangan provinsi, makanya kapasitas kami sebagai wakil rakyat hanya menyampaikanya kepada pemerintah untuk dipertimbangkan perbaikannya kedepan,” ungkapnya.

Sejumlah pihak menyayangkan kondisi jalan yang kurang perhatian dari pemerintah.

“Semua hasil pertanian kami liwatnya di jalan ini pak. Kalau dibiarkan rusak terus menerus bagaimna sudah nanti kalau tiba – tiba jalan itu putus,” kata Her warga Pamona Barat.

Dari penelusuran media ini beberapa segmen jalan di Pamona beberapa ruas di antaranya jalanya berlubang dan dipenuhi genangan air hujan. Karena itu bagi pengendara sebaiknya berhat – hati kalau melewati jalan dimaksud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here