Reses DPRD Pasangkayu: “Tudang Sipulung” Begini Cara Muslihat Serap Aspirasi Masyarakat

iPasangkayu,50detik.com– Sebagai upaya menyerap aspirasi masyarakat, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasangkayu, Muslihat Kamaluddin SSos MAP, melaksanakan Reses perseorangan pada Senin malam (9/12/2019).

Muslihat Kamuluddin atau yang lebih familiar dikenal Ibu Icha ini, memang dikenal sebagai politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang merakyat dan selalu muncul dengan terobosan baru.

Hal tersebut, kembali ditunjukan pada saat pelaksanaan Reses Masa Sidang 1 DPRD Kabupaten Pasangkayu kali ini. Ia hadir dengan konsep “Tudang Sipulung” (Duduk Bersama) yang dilaksanakan di ruang terbuka, yakni di halaman Anjungan Vovasanggayu.

Berdasarkan pantauan di lapangan, acara reses itu dihadiri hampir semua keterwakilan eleman masyarakat. Diantaranya adalah Komunitas Penyapu Jalan, pemilik warung kaki lima, Asosiasi Seluler, Komunitas Motor RX King, Pedagang Online, Pemuda Remaja Masjid Kampung Tengah, Pemuda Gereja dan masyarakat umum lainnya.

Selain dihadiri sejumlah komunitas, Reses Perdana Anggota DPRD Pasangkayu dari Dapil Pasangkayu, Pedongga, Tikke Raya (Papeti) ini, juga dihadiri Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasangkayu, Drs JamaL, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, ZuLfikar MSi, perwakilan Dinas Nakertrans, Camat Pasangkayu Hasbi SSos, dan yang mewakili Dinas Perikanan dan Kelautan dan penyuluh pertanian.

Sejumlah masyarakat peserta reses terlihat langsung menjalin interaksi dengan menyampaikan curhat dan memberi sumbangsi saran secara langsung ke anggota DPRD.
Salah satunya ditunjukkan oleh Hj Barokah, yang merupakan pemilik usaha bakso lapangan yang mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh wakil Rakyat Muslihat Kamaluddin.

“Seumur-umur baru kali ini, ada DPRD yang melaksanakan kegiatan reses yang hampir semua mewakili elemen masyarakat, kami merasa tidak ada sekat dengan wakil kami sehinggah bisa berkeluh kesah dan curhat langsung,” ucapnya.

Senada juga disampaikan oleh Pdt. Zet Nuppu yang hadir mewakili Pemuda Nasrani, yang mengaku terkesan dan sangat antusias mengikuti diskusi langsung dengan anggota DPRD Pasangkayu.

“Saya melihat ada terobosan baru ditunjukan oleh ibu Icha. Kita berharap kegiatan reses seperti ini bisa dicontoh oleh anggota dewan lainnya, dengan uduk bersama di alam terbuka. Ini terkesan lebih merakyat sehingga kami masyarakat merasa tidak canggung,” cetusnya.

Sementara perwakilan Kepala BPJS Kabupaten Pasangkayu, Endi juga dihadirkan dalam Reses ini, karena berhubungan dengan informasi kenaikan tariff BPJS sehingga banyak masyarakat mengeluh dan bertanya-tanya bagaimana pelayanan BPJS setelah adanya kenaikan tarif.

Beberapa OPD yang hadir dalam acara Reses menyambut baik terkait adanya konsep “Tudang Sipulung” di ruang terbuka yang digagas oleh salah seorang anggota DPRD. Pasalnya dengan adanya pertemuan yang dikemas secara sederhana ini, dinilai benar-benar menyentuh masyarakat sehingga masyarakat yang hadir tanpa harus menggenakan pakaian resmi terlebih dahulu.

Pos terkait