TNI-Polres Bersama Pemerintah Desa Polewali dan Warga Bekerja Bakti Di Halaman Depan Poskedes Polewali

Laporan: Darmawan

Pasangkayu50detik.com- Didampingi Babinsa dan Bhabinkamtimbas, Kades bersama Anggota BPD, perangkat desa serta  puluhan warga melakukan kerja bakti di halaman Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) di Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu Senin (01/06/2020) pagi.

Diketahui bangunan Puskesdes ini dibangun sejak tahun 2013 lalu dan ini selalu menjadi langganan banjir sebelulan terakhir ini. Akibatnya, seluruh ruangan pelayanan tergenang banjir yang secara otomatis melumpuhkan pelayanan kesehatan yang ada di desa tersebut.

Banjir tersebut diakibatkan saluran air di depan Puskesdes tersumbat akibat jebolnya drainase jalan trans Sulawesi sepanjang kurang lebih 15 meter dekat bangunan tersebut, sehingga aliran air tersumbat material drainase yang jebol ditambah lagi lokasi bangunan pondasi Puskesdes yang sangat rendah dibanding halaman yang ada di samping kanan dan kirinya.

Kepala Desa Polewali, Mujais mengatakan bahwa persoalan banjir di Puskesdes ini sudah menjadi tanggungjawab kita semua, untuk mencarikan solusi bagaimana banjir ini kita dapat kurangi. Untuk itu, material drainase yang jebol dan menghambat jalannya air dari halaman Puskesdes, termasuk dilakukan penggalian aliran air dihalaman belakang bangunan.

Terkait persoalan ini, Mujais juga akan berkoordinasi dengan pihak balai mengenai jebolnya drainase tersebut untuk segera ditangani, karena ini menyangkut pelayanan publik bidang kesehatan yang sering kali terganggu akibat meluapnya air dari saluran yang tertutup sampah.

Sementara Babinsa Serda Lukman yang didampingi BKTM Brigpol Agus Asti sangat mengapresiasi sikap gotong-royong yang ditunjukkan warga binaannya.”Kami bangga kerja bakti bersama dalam situasi covid-19 ini dapat dilakukan dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan,” ujar Lukman.

Dalam kesempatan turut hadir Ketua BPD, ketua PKK Desa Polewali, Ibu Persit dan Ibu Bhayangkari.