Laporan: Pratama

Pasangkayu, 50detik.com — Pilkada Pasangkayu makin memanas. Ini tercermin beredarnya isu sentimen etnis, yang menyebutkan orang Mandar tidak akan bisa menang di Pilkada Pasangkayu, karena orang Mandar bisa dibeli, betulkah?

Siapakah orang Mandar dimaksud, sebab wilayah geografis Mandar mulai dari Suremana hingga Paku, artinya bahwa wilayah Pasangkayu adalah wilayah Mandar. dengan demikian orang yang mendiami Pasangkayu adalah orang Mandar.

Lalu orang Mandar mana dimaksud bisa dibeli? Apakah saudara-saudara yang dari Tapalang. Malunda, Sumakuyu, Awo, Pangaleroang, Pellattoang, Sendana, Puttaqda, Limbua. Somba, Tinggas, Karaka, Apoang, Sirundu, Pamboang, Simbang, Adolang, Majene, Tande, Segeri, Balanipa, Pambusuang, Campalagian, Mapilli, Polewali, Mamasa, Mambi, diyakini bisa dibeli? masa iyya, sungguh terlalu, itu tidak mungkin terjadi, karena orang Mandar punya siriq (harga diri).

Ini pelecehan eksistensi orang Mandar, karena orang Mandar punya “siriq” (harga diri), terlalu murah bila bisa dibeli dengan nilai 300 ribu. Ini bisa memicu sentimen etnis, yang sangat disayangkan kalau isu negatif seperti ini digulir, sebaiknya yang digulir adalah porogram prioritas ketika berhasil mendapat amanah rakyat untuk lima tahun kedepan.