Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep50setik.com-Meskipun mewabahnya Coronnavirus Disease 20019 (Covid-19), Pemerintah Daerah Banggai Kepulauan tetap menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) rancangan Rencana Pembanngunan Daerah (RKPD) Bangkep tahun 2021.

Namun Musrenbang kali ini berbeda, karena di lakukan dengan jarak jauh melalui vidio teleconference.

Kegiatan itu di gelar (15/4/2020) didua ruangan yakni diruang Bupati dan Sekab dan untuk para Camat, Lurah dilaksanakan kantor mereka masing-masing.

Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Banggai Kepulauan Rais D Adam duduk menghadap monitor utama dengan didampingi Sekda Rusli Moidady dan Kepala Bappeda Aris Dayanun.

Selain mereka turut pula hadir Ketua Dewan Bangkep Rusdin Sinaling, Waket II Eko Wahyudi, Ketua Komisi I Irwanto T Bua, Ketua Komisi II Sahruddin Lalu, Kapolres Bangkep AKBP Aditya Surya Darma serta anggota Forkopimda lainnya.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Bangkep Saprin Pitter mengatakan teleconference ini merupakan cara efektif untuk melaksanakan rapat tanpa harus berkumpul.

“Cukup di kantor masing-masing, kita dapat melakukan koordinasi, itu untuk mengantisipasi penyebaran virus korona,” tandas Saprin Pitter.

Kegiatan diawali teleconfenrence dengan Bappeda Provinsi Sulteng Kemudian dilanjutkan oleh Plt. Bupati Banggai kepulauan, Bappenas dan Kementerian Sosial.
Sementara Plt. Bupati Bangkep Rais D Adam dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD. Dimana RKPD ini digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun 2021.

Musrenbang adalah satu tahapan penting dalam penyelenggaraan pemerintah terkait penyerapan aspirasi masyarakat dalam pembangunan.

Dalam kesempatan itu pula Rais Adam menjelaskan potret ekonomi dan pembangunan daerah yang dipimpinnya.

“Kepada seluruh pemangku kepentingan diharapkan berperan aktif dengan memberikan masukan, usulan dan saran guna penyempurnaan dokumen Rancangan RKPD Bangkep 2021,” pungkas Bupati.***