KPU Sulbar Verfak 9 Parpol. Ini Hasilnya

Mamuju, 50detik.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat melakukan verifikasi faktual terhadap sembilan partai.

Kesembilan partai politik adalah Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Ummat, Partai Garuda, Partai Perindo, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura dan Partai Bulang Bintang.

Menurut Komisioner KPU Sulbar Said Usman Umar dari hasil verifikasi faktual 9 partai politik tersebut, hanya ada dua partai politik di semua kabupaten memenuhi jumlah keanggotaan yang dipersyaratkan dalam mekanisme yang ada.

“Tujuh partai lainnya hanya memenuhi syarat minimal lima kabupaten.” ungkap Komisioner KPU Sulbar Said Usman Umar pada rapat pleno terbuka yang digelar di Hotel Meganita Mamuju, Jumat (9/12/2022).

Menurutnya, KPU provinsi hanya merekap hasil verifikasi faktual baik kepengurusan keanggotaan, kantor dan keterwakilan perempuan, termasuk keanggotaan partai politik.

“Keterpenuhan syarat untuk jadi calon peserta Pemilu menjadi kewenangan KPU RI,” jelas Said yang dikutip dari laman sulbar.kpu.go.id.

Disebutkan, meski ada tujuh partai politik yang hanya terpenuhi di lima kabupaten, namun telah memenuhi syarat minimal.

“Kami akan melaporkan ke KPU RI sembilan partai politik, semuanya mencapai syarat minimal yang ditentukan sesuai perundang-undangan,” sebutnya.

Dijelaskan, sesuai tahapan, tanggal 9 sampai 10 di tingkat provinsi rekapitulasi dalam bentuk pleno terbuka. Kemudian pada tanggal 11 sampai 13 tingkat Nasional. Tanggal 14 Desember merupakan tahap penetapan peserta partai politik, sekaligus pencabutan nomor urut. (*/mp)

 

 

Pos terkait