Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu, launching tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pasangkayu Tahun 2020. Tahapan  Pilkada dimulai dengan menetasnya maskot burung maleo di Alun-alun Kabupaten Pasangkayu, Kamis, (12/12) malam.

Acara launching tahapan pilkada itu dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Rustang, Wakil Bupati Pasangkayu H. Muh Saal, Kapolres Mamuju Utara AKBP. Leo Hamonangan Siagian, Kepala Kejari Pasangkayu Imam Makmur Saragih Sidabutar, Perwakilan DPRD, Forkopimda Kabupaten Pasangkayu, OPD, Ketua Bawaslu Ardi Trisandi serta para perwakilan Partai Politik (Parpol) dan Ormas.

Pemilihan Maskot Burung Maleo pada launching tahapan pilkada 2020 ini bukan tanpa alasan. Ketua KPU Pasangkayu Syahran Ahmad dalam sambutannya mmenjelaskan, memilih maskot burung maleo di pilkada tahun ini, karena habitat burung Maleo adalah emdemik  sulawesi tersebut hanya Tak hanya itu, burung maleo juga memiliki prinsip mandiri dan setia.

“Kita memilih maskot burung maleo, karena menurut hasil penelitian, burung maleo memiliki prinsip yang mandiri dan setia pada satu pasangan. Pilosofi seperti inilah yang kita pada pilkada nanatinya” Harap Ketua KPU Pasangkayu Syahran.

Menurutnya sebagai penyelenggara kita harus mandiri dan setia pada aturan yang berlaku begitu pula dengan peserta nantinya juga harus setia dan patuh pada aturan. Oleh karena itu, Syahran berharap dengan maskot burung maleo, penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasangkayu 2020 bisa berjalan sukses dan aman nantinya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Sulbar, Rustang Saud mengingatkan, empat  hal yang perlu diperhatikan pada proses Pilkada 2020 mendatang yakni Amanah, Jujur, komunikatif dan fathonah memiliki kecerdasan dan kreatif.

Menurutnya, sebagai penyelenggara kita harus mengedepankan sifat kejujuran dan integritas, selalu amanah dalam artian seorang penyelenggara bekerja harus berdasarkan peraturan perundang-undangan, dan selalu komunikatif yaitu selalu menyampaikan setiap perkembangan tahapan terutama pada masa kampanye.

Dalam tahapan launching itu,  KPU Pasangkayu menyiapkan sejumlah penghargaan untuk diiberikan kepada pemerintah daerah, penyelenggara serta penghargaan kepada media atas partisifasinya menyukseskan pemilu tahun 2019 serta dan pemberihan hadia kepada jingle.

Diakhir kegiatan launching maskot burung maleo sebagai tahapan pilkada 2020 itu. ditutup dengan hiburan musik gambus  dan foto bareng dan selfi bersama maskot maleo pilkada 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here