Kesekian Kalinya, Pemkab Pasangkayu Raih WTP Dari BPK RI 

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com –  Pemerintah Kabupaten Pasangkayu kembali meraih pridikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan-Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP-LKPD) tahun anggaran 2019 oleh Badan Pemeriksaaan Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Barat.

Penyerahan LHP LKPD tahun 2019 dari BPK RI kepada Pemkab Pasangkayu via video confrence, Jumat (26/6/2020). Penyerahan oleh BPK-RI perwakilan Sulbar, Muhamad Toha Arafat dan iterima langsung Bupati Pasangkayu, Dr Ir H Agus Ambo Djiwa,MP, disaksikan Ketua DPRD Pasangkayu Hj. Alwiaty, SH.

Turut dadir dalam acara penyerahan itu, Sekkab Dr. Firman, M.PI, Wakil Ketua II DPRD Pasangkayu Arwi, Inspektur Inspketorat Pasangkayu Rahmad dan Kepala BPKAD Pasangkayu Imran.

“Atas LHP LKPD 2019, BPK kembali memberikan opini wajar tanpa pengecualian. Dengan demikian pemerintah Kabupaten Pasangkayu berhasil mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian lima kali berturut-turut,” ungkap Muhamad Toha Arafat.

Secara singkat, BPK berharap agar opini WTP ini dapat menjadi motivasi bagi Pemkab Pasangkayu untuk tetap menjaga komitmen dalam mewujudkan pengelolaan pemerintahan yang ankutabel dan transparan.

Bupati Agus Ambo Djiwa menyampaikan rasa syukurnya atas raihan opini WTP dari BPK RI. Kata dia akan menjadi pemicu bagi pihaknya untuk bekerja semakin baik terutama dalam tata kelola keuangan daerah. Sambung dia, opini WTP yang diraih juga tidak terlepas dari bimbingan dan petunjuk dari BPK RI perwakilan Sulbar selama ini.

”Opini WTP yang di raih Pemkab Pasangkayu tidak terlepas dari terbangunnya kerjasama yang baik antara Pemkab dan BPK. Kami mengucapkan terimakasih atas petunjuk dan bimbingan yang telah diberikan. Kami sadari masih banyak kekurangan, namun kami berkomitmen untuk terus memperbaiki sehingga pemerintahan yang akuntabel dan transparan bisa kami wujudkan dengan baik” pungkasnya

Sebagai mitra pemerintah, Ketua DPRD Pasangkayu, Alwiaty, mengaku bersyukur karena daerah ini mampu meraih pridakat WTP untuk kelima kalinya.“Keberhasilan ini, adalah keberhasilan kita semua tanpa terkecuali. Dan ini, langkah awal bagi kami dilegislatif untuk mengawal agar peringkatnya selalu naik dari tahun ke tahun, tidak hanya tahun ini,” katanya.

Menurutnya ini adalah bukti bahwa setiap program yang disusun pemerintah, mulai dari perencanaan pelaksanaan sampai dengan realisasinya benar-benar mengikuti atuaran yang ada.“Kami di DPRD mengapresiasi kerja keras pemerintah Kabupaten Pasangkayu dalam mengelolan anggaran serta laporan keuangan daerah, semoga di tahun berikutnya kita tetap tertib laporan,” imbuhnya.

Alwiaty, menambahkan bahwa pihaknya di DPRD Pasangkayu siap mensupport dan mengawal apabila ada kecurangan atau kesalahan penggunaan anggaran di Pemkab Pasangkayu. “Kita akan kawal agar capaian di tahun depan bisa meningkat lagi,” pungkasnya.

Pos terkait