Laporan : Mulyadi T Bua
Luwuk50detik.com-Program Pinasa atau Pia Na Sampah Ala (Lihat Sampah Ambil-red) tagline Pemkab Banggai, terkait aksi besih-bersih lingkungan. Mendapat respon positif dari pelbagai kalangan, baik itu personal, organisasi kemasyarakatan maupun organisasi pemerintah maupun swasta.
Tak ketinggalan manajemen Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori).
Siaran pers yang disampaikan menyebutkan, Minggu (07/07/2019) bertempat di Pantai Sinorang, JOB Tomori menjadi lokomitiv untuk menyuseskan gerakan Pinasa di kawasan industri wilayah kecamatan Batui.

Dalam aksi bersih-bersi tersebut puluhan karyawan karyawati JOB Tomori, bersama jajaran pemerintah Kecamatan Batui Selatan dan jajaran pemerintah desa, se-Kecamatan Batui Selatan, Karang Taruna Simba’a Raya Sinorang, Kelompok Pencinta Alam (KPA) Pena Bersaudara dan Komunitas Pencinta Alam Sejati (Kompas) serta masyarakat, menggelar aksi bersih pantai Sinorang dan sekitarnya. Aksi itu dimulai sekira pukul 06:30 sampai dengan pukul 08:00 wita.
Menurut Field Senior Manager JOB Tomori, I Nyoman Hartanu, kegiatan bersih-bersih lingkungan telah di terapkan di lingkungan internal perusahaan sejak awal keberadaan JOB Tomori melalui devisi Health, Safety Environment (HSE), kemudian perlahan-lahan mulai disosialisasikan ke lingkungan eksternal disekitar wilayah operasi perusahaan.
“Budaya hidup bersih harus menjadi komitmen bersama semua masyarakat dan kegiatan kerja bakti rutin seperti yang dilaksanakan kali ini, sesungguhnya hanyalah memotifasi masyarakat, kedepan diharapkan agar masyarakatlah yang lebih pro aktif melanjutkan agenda bersih lingkungan dimulai dari lingkungan masing-masing,” seru Hartanu saat ramah-tamah sesudah kerja bakti bersama.
Keikut sertaan JOB Tomori dalam kegiatan Pinasa rutin jelas Ahmad Sodikun, Supervisor Relation JOB Tomori, juga didasari permintaan resmi melalui surat dari Pemerintah Kecamatan Batui Selatan, tertanggal 13 Juni 2019 lalu. Bahkan tim Relation JOB Tomori jauh sebelumnya, telah ikut berpartisipasi disetiap kegiatan Pinasa rutin yang dilaksanakan pemerintah kecamatan Batui Selatan secara bergilir di 10 desa, sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk ikut memajukan Kecamatan Batui Selatan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keberadaan JOB Tomori.
Melihat tingginya antusias masyarakat, apparat pemerintah kecamatan dan desa, organisasi kepemudaan, serta karyawan karyawati JOB Tomori dalam kegiatan Pinasa di Pantai Sinorang, Camat Batui Selatan, Drs Mukhsin, memberikan apresiasi yang tinggi, sebab Pemerintah Kecamatan Batui Selatan menargetkan Pantai Sinorang kedepan diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu di rindukan masyarakat untuk di kunjungi.
“Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas keterlibatan semua pihak untuk mendukung program Pinasa yang dilaksanakan pemerintah kecamatan Batui Selatan, sesuai dengan amanah Bupati Banggai. Kami juga berterimakasih kepada JOB Tomori yang telah bersinergi dengan Pemerintah Desa dan pemerintah kecamatan untuk melaksanakan program kampung warna warni di RT Kampung Bajo Desa Sinorang, yang sejalan dengan target program pemerintah Kecamatan Batui Selatan dan Pemerintah Desa Sinorang untuk menjadikan Pantai Sinorang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Banggai,” tegas Mukhsin. Pemerintah berharap sambung dia, kegiatan Pinasa terus di budayakan masyarakat, karena kebersihan merupakan sebagian dari pada iman. ****

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here