Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep, 50detik.com — Banjir lagi..banjir lagi. banjir lagi…. Kali ini amukan air sungai itu menghantam Banggai Kepulauan(Bangkep) pada empat desa di Kecaantan Tinangkung Selatan (Tingsel) masing-masing Desa Tiangkung, Desa Mansamat B, Desa Tobing dan Desa Paisumusoni.

Banjir yang mencapai ketinggian air oada lutut orang dewasa itu terjadi akibat intensitas curah hujan di Banggai Kepulauan yang relatif tinggi tiga hari terakhir ini, membuat ratusan rumah dan puluhan hektar perkebunan warga, disejumlah wilayah kecamatan terendam banjir.

Sementara kondisi yang sama terjadi di Kecamatan Liang bahkan di wilayah itu air mencapai 1 meter dari permukaan tanah, atau mencapai pusar orang dewasa.

Warga yang terdampak banjir, ada yang bertahan di rumah mereka namun banyak pula yang mengungsi ke rumah kerabat yang tidak terendam banjir.

Selain banjir ruas jalan sebagai akses utama warga, terputus akibat material longsor menutupi ruas jalan. Ini mengakibatkan warga mengalami kesulitan untuk akses keluar dan masuk ke wilayah pemukiman mereka.

Warga berharap, pemerintah bisa segera mengantisipasi dampak pasca banjir.
Harapan warga, selain penanganan pasca banjir. Penanggulangan banjir yang kerap terjadi setiap musim penghujan, perlu dilakukan. Seperti memprogramkan proyek kanalisasi atau normalisasi sunggai di wilayah rawan banjir.

Sampai berita ini diterbitkan belum diketahui informasi apakah sudah ada bantuan yang sampai atau belum ke wilayah itu.****

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here