Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Bakal Pasangan Calon (Balon) Bupati Amirudin Tamoreka (AT) dan Furqanudin Masulili (FM), membeberkan sembilan program unggulan. Itu disampaikan Amir Tamoreka pada momen pengukuhan relawan dan Tim Sukses Koalisi Partai (NasDem, Golkar dan PKB) Kecamatan Bunta, Nuhon dan Simpang Raya (11/9/2020) di Bunta.

Program yang ‘mencuri’ perhatian ribuan masyarakat yang hadir ketika itu seperti, memberikan pernyataan modal usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kabupaten Banggai. Tanpa harus meregoh Dana Desa (DD) atau Alokasi Dana Desa (ADD). Bahkan Haji Amir sapaan akrab Amir Tamoreka tidak tanggung-tanggung menyebut angka Rp.500 juta/BUMDes.

Selain penyertaan modal BUMDes pelayanan kesehatan gratis yang selama ini menjadi harapan bagi warga pra sejahtera, menjadi keseriusannya dalam menjalankan roda pemerintahan kelak. Demikian pula dengan pemberdayaan petani, nelayan tangkap dan budidaya, akan membuka peluang pasar baik itu pasar lokal, antar pulau bahkan ekspor untuk menjual hasil produksi warga.

“Layanan kesehatan gratis menjadi kewajiban kami untuk mewujudkannya. Soal membuka peluang pasar untuk menjual hasil produksi warga adalah satu solusi untuk mengeraskan kesenjangan sosial, salah satu solusinya adalah dengan memberikan pernyataan modal ke BUMDes agar usaha desa berjalan dengan sehat tanpa harus menunggu suntikan dana dari DD maupun ADD,” ujarnya.

SektorKesehatan ;

Sementara disektor kesehatan AT-FM juga mengedepankan kepentingan warga dengan memaksimalkan pelayanan kesehatan. Seperti membeckup warga dengan BPJS atau fasilitas kesehatan gratis lainnya.

Sebab kata Amir, secara keseluruhan, pelayanan kesehatan saat ini terus dibenahi guna memberikan layanan yang maksimal. Sebagai catatan katanya, jika memang rakyat kabupaten Banggai memberikan amanah untuk memimpin daerah ini, pihaknya akan memberikan dua unit mobil ambulans, disetiap kecamatan. Hal itu untuk mempermudah akses warga untuk menikmati layanan kesehatan.

ā€¯Tentunya, saat ini layanan kesehatan terus kita tingkatkan. Kita berharap program kesehatan lebih baik dan maksimal,” ujarnya.

Closing statemen Amir sebagaimana sering dia katakan dalam setiap pertemuan dengan masyarakat yaitu membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan kemudian memberdayakan ekonomi rakyat baik disektor pertanian dan nelayan tangkap. Dimana hasil produksi warga akan difasilitasi pemasarannya, baik pasar antar pulau maupun ekspor. Hal ini tak lain untuk menggerakkan gerbong perekonomian rakyat.

“Pertumbuhan ekonomi rakyat harus didorong oleh pemangku kebijakan sehingga kesenjangan sosial yang terjadi saat ini dapat diminimalisir, tandasnya.***