Laporan:Darmawan
Pasangkayu,50detik.com–Persiapan Pelaksanaa TMMD ke 107 telah matang dan siapa dilaksanakan, namun kegiatan serimonial upacara dibatalkan Kodim 1427/ Pasangkayu yang sebelumnya telah dijadwalkan di lapangan Tikke Raya pada tanggal 16 maret hari ini.

Hal ini sebagai tindaklanjut instruksi Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) terkait darurat virus corona. Komandan Kodim 1427/Pasangkayu, Letkol Inf. Kadir Tandiesak saat ditemui beberapa insan pers di ruangannya, Sabtu (14/03/20) siang.

“Kondisi dan situasi nasional saat ini mengakibatkan terjadi perubahan rencana kegiatan yang telah dijadwalkan sebelumnya”, tutur Dandim.

Instruksi tersebut menyebutkan, beberapa poin pelarangan terkhusus bagi TNI. Antarannya dilarang berkumpul melebihi dari 30 orang, apel/upacara dan lain – lain, bahkan tradisi salaman pun juga dilarang untuk sementara waktu.“

Hanya olahraga saja yang diperbolehkan dan instruksi Ini menandakan tidak boleh lagi mengadakan acara – acara besar yang bersifat mengumpulkan orang banyak disuatu tempat”, terangnya.

Dandim juga menjelaskan, walaupun pelaksanaan upacara sebagai tanda pembukaan TMMD dibatalkan. Namun, kegiatan ini akan tetap berjalan dengan fokus pada kegiatan fisik, seperti membantu masyarakat membangun fasilitas umum dan lainnya.

“TMMD akan tetap berjalan sebagaimana yang telah diprogramkan, namun untuk sementara waktu, hal-hal yang bersifat seremonial ditiadakan sampai ada instruksi selanjutnya.