Laporan: Darmawan

Pasangkayu, 50detik.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Pasangkayu mendapat nilai tertinggi Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) dari enam Kabupaten se Sulbar untuk tahun 2018.

Hal ini berdasarkan rilis nasional terbaru pada 15 Juli 2019 oleh Badan Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan mengeluarkan liris terbaru IPKM Kabupaten Pasangkayu menempati nilai tertinggi IPKM dari enam Kabupaten se Sulbar tahun 2018.

Kepala Dinkes Pasangkayu dr Alif Satria L, mengaku tidak percaya jika nama Kabupaten Pasangkayu keluar sebagai peraih nilai tertinggi IPKM di Sulbar. Pasalnya sebelumnya Pasangkayu selalu berada diposisi bungcit.

“Awalnya saya kurang yakin, tapi setelah kami berkomunikasi langsung ke kementerian baru kami percaya itu atas data hasil riset yang dilakukan oleh Kemenkes ternyata benar,” katanya di kantor Dinkes Pasangkayu, Kamis 8 Agustus 2019.

Selama ia memimpin sebagai Kadinkes, tiga kali diriset oleh Kementerian Kesehatan terkait peningkatan IPKM. Waktu itu, kata dia pertama kali dilakukan sejak tahun 2007 dan dinyatakan peringkat ke-405 dari seluruh Kabupaten se Indonesia.

“Saya sendiri kaget riset kali ini kita naik secara signifikan menjadi peringkat ke-207 nasional dan peringkat pertama IPKM di Sulbar,” Paparnya.

Menurutnya anjloknya prestasi IPKM beberapa tahun lalu disebabkan kegagalan kepemimpinan di lingkup kesehatan pasangkayu.

“Waktu itu, saya benar-benar terpukul karena kita berada di posisi paling buncit, sehingga kami mencoba mendesain sebuah program agar layanan kesehatan di daerah ini bisa lebih baik,” Tambahnya.

Sebagai Kadis juga menganggap bahwa salah satu IPKM ini bisa naik yakni adanya Program Da’Smart yang lebih memprioritaskan masyarakat terasing agar disentuh dengan pelayanan.

“Ya, Jujur saja kami di Dinas Kesehatan dan puskesmas yang turun langsung sempat merasakan sulitnya mendekati masyarakat terpencil untuk memberi pelayanan kesehatan. Namun karena ini tanggunjawab kami melakukan pendekatan kultur ajak menonton film,  dero dan lainnya hingga merasa nyaman” Jelasnya

Terbukti, layanan kesehatan dengan baik melalui hasil riset kami terima peringkat pertama di Sulbar. Yang tentunya peringkat IPKM Pasangkayu naik secara nasional, peringkat IPKM Sulbar juga ikut naik dengan hasil tersebut.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here