Laporan: Masruhim

Mamuju, 50detik.com- Woow… ! Lama juga calon jamaah haji yang sudah punya nomor porsi baru bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke Makkah.

Berapa lama menanti ? Menjawab wartawan media ini Kepala Kantor Kemenag Mamuju, Drs H Mahmuddin, M.Si mengurai dari 6000 lebih calon jamaah haji Kabupaten Mamuju, diperkirakan menunggu 26 tahun.

“Untuk Mamuju kurang lebih 6117 orang calon jamaah haji dengan estimasi daftar tunggu 26 tahun, ” jelas mantan Kepala Kantor Kemenag Pasangkayu via whatsapp, Sabtu (20/11).

Seperti diketahui dua tahun berturut-turut 2020 dan 2021 calon jamaah haji Indonesia tertunda keberangkatannya, akibat pandemi covid-19, dan diharapkan 2022 tidak ada lagi penundaan, sebab bila kembali terjadi, maka akan memperpanjang waktu daftar tunggu.

Haji dipahami sebagai ziarah Islam tahunan ke Mekkah, kota suci umat Islam, dan kewajiban wajib bagi umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup mereka oleh semua orang Muslim dewasa yang secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan, dan dapat mendukung keluarga mereka selama ketidakhadiran mereka.