Gambar Ilustrasi Geoogle

Laporan: Darmawan

Pasangkayu, 50detik.com- Hai Warga Pasangkayu, Waspada ! Penyakit HIV sudah masuk daerah ini. Hal ini terbukti berdasarkan data dari Dinas Kesahatan (Dinkes) Kabupaten Pasangkayu yang membeberkan 14 kasus  positif pengidap HIV/AIDS di daerah ini.

Terkait temuan kasus pengidap HIV di bumi Vovasanggayu itu, tercatat dalam kurung waktu periode Januari hingga bulan Agustus tahun 2019 ini.

“Di Pasangkayu itu sudah banyak positif HIV. Dari Januari hingga Juli sudah ada 14 warga Pasangkayu yang positif penyakit HIV,” Titi Wardini Kebid. Pengelolaan DPD Dinkes Pasangkayu Katanya Rabu, 7 Agustus melalaui telepon.

Sayangnya dari 14 kasus ini, pihak Dinkes Pasangkayu enggan merinci secara jelas terkait warga yang terkena HIV, apakah dari kalangan ASN atau kelompok masyarakat lainnya namun yang terkena ada dari kalangan yang sudah berkeluarga.

“dari 14 warga positif HIV ini adalah masyarakat Pasangkayu, meski beberapa diantaranya tidak 100 persen tinggal di Pasangkayu” Katanya.

Dijelaskan Titi bahwa dugaan awal soal pola penyebaran penyakit HIV di Pasangkayu, beberapa diantaranya yakni ada yang terkena dari luar Pasangkayu dan ada juga terkena di daerah sendiri.

“Yang kasus ini (HIV) ada di Pasangkayu,” Tegasnya

Menurutnya upaya yang dilakukan Dinkes Pasangkayu selama ini adalah menjaring, mendeteksi dan memeriksa sebanyak mungkin.

 “Karena setelah kita deteksi dan periksa harus kita obati sesegera mungkin, namun ada juga yang tidak siap untuk diobati” terangnya.

dirinya menambahkan, bahwa berdasarkan program dari Kementerian Kesehatan bahwa untuk sekarang ini penyakit HIV bukan lagi tidak diobati, tapi sudah bisa disembuhkan.

“Jadi janganlah kita mengucil terhadap pengidap penyakit itu. Penyakit ini tidak semudah kita pikirkan untuk penularannya. Saya katakan ini adalah kuman yang sopan,” tambahnya.

Penyebaran HIV sendiri diketahui pintu, diantaranya adalah melalui hubungan seksual, Penggunaan Jarum suntik dan melalui Asi dan darah.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here