WABUP TOLITOLI: SAAT INI GEREJA MENGHADAPI TANTANGAN YANG TIDAK RINGAN

Laporan Suleman Dj Latantu

Tolitoli, 50Detik.Com. Gereja Protestan Indonesia di Buol Tolitoli (GPIBT), menyelenggarakan Sidang Sinode ke 21 tahun 2021 pada Sabtu pagi (23/10). Sidang yang dipusatkan di Gereja Ora Et Labora Dusun Ambotuban Desa Laulalang Kecamatan Tolitoli Utara itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan.

Mengawali sambutannya sebelum membuka sidang sinode itu, Wakil Bupati Moh Besar Bantilan menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas peran dan kontribusi GPIBT dalam membangun kesadaran spiritual umat sehingga umat Kristiani dapat menunjukkan peran aktifnya utamanya dalam menjaga kerukunan umat beragama di daerah ini.

Menurut Wakil Bupati, saat ini Gereja menghadapi tantangan yang tidak ringan. dalam beberapa tahun terakhir ini persoalan persoalan yang terkait dengan kerukunan internal dan antar umat beragama menjadi perhatian banyak kalangan seiring dengan munculnya gejala disharmonisasi kehidupan umat beragama di sejumlah wilayah di tanah air dengan bermacam bentuk dan varian seperti ucapan dan kebencian di media sosial kekerasan dan tentu diskriminasi antar ras,  golongan dan agama. Olehnya itu Wakil Bupati berharap agar pelayanan jemaat di lingkungan sinode GPIBT, menjadi transformator motivator dan sekaligus inovator bagi masyarakat di tengah keragaman moralitas modern.

Para pendeta dan pelayan jemaat dituntut untuk dapat berperan aktif dan konkrit serta mampu memberikan solusi di tengah problematika sosial yang kita hadapi dewasa ini. Harus dapat dijaga antara tugas rohaniawan dan hubungan bermasyarakat sehingga nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan dapat berjalan seiring dan sesuai dengan ajaran tuhan, kata Wakil Bupati.

Pembukaan sidang sinode GPIBT ke 21 itu turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos, Perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli, Ketua GPIBT, Badan Pekerja Majelis Sinode serta sejumlah pendeta di wilayah GPIBT

Pos terkait