Palu, 50detik.com- Petahana Calon Walikota Palu Drs Hidayat, M.Si dan Wakil Calon Walikota Hj Habsa Yanti Ponulele, ST, M. Si diklaim masil lebih unggul melalui survey internal dengan tiga kandidat lainnya.

Pasangan Hidayat-Habsa dengan nomor urut 3 ini memiliki tingkat elektabilitas tertinggi yakni 39,03 persen. Kandidat 02 Hadiyanto-Reny 22,97 persen, paslon 04 Imelda-Arena di urutan ketiga dengan 19,70 persen dan paslon 01 Aristan-Wahyudin di posisi terakhir dengan 11,20 persen. Masih ada swing voter (suara mengembang) 7,10 persen.

Terkait dengan hasil ini, Ketua Tim Operasional Pemenangan (TOP) Koalisi Palu Bangkit Hidayat-Habsa, Abdul Rahman, ST, IAI menyampaikan rasa syukur atas hasil tersebut.

‘’Kami menyampaikan terima kasih kepada semua partai koalisi, para relawan, tim secretariat, media center koalisi serta semua pihak atas semangat dan kerja kerasnya. Namun saya selaku ketua koalisi meminta kepada seluruh kekuatan di lapangan tetap solid dan menjaga hubungan silaturrahmi dan menghargai tim lain,’’ujar Abdul Rahman saat menggelar jumpa pers di Sekber Koalisi Palu Bangkit, Sabtu, (5/12/2020).

Pria berkaca mata yang akrab disapa kak Umank ini juga meminta kepada seluruh kekuatan dalam tim koalisi, termasuk para relawan, bahwa ‘’Kita tidak bisa terlena dengan hasil survey ini. Tapi kita mesti harus bekerja keras hingga voting day pada 9 Desember nanti. Kita semua yang berada di garis perjuangan masih harus bekerja keras untuk mewujudkan kemenangan Hidayat-Habsa,’’ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Umank yang mewakili Palson 03, Hidayat-Habsa menyampaikan permohonan maaf jika ada hal-hal yang tidak berkenang di hati masyarakat Kota Palu selama pelaksanaan kampanye terbatas dan sosialisasi visi misi dan program.

‘’Hidayat-Habsa bersama tim tidaklah sempurna. Mungkin saja ada RT dan warga yang belum berkesempatan untuk bertemu atau belum sempat dikunjungi. Keterbatasan waktu untuk bertatap muka karena kondisi kita masih dibatasi aturan protocol kesehatan akibat wabah Covid-19. Terkait itu, kami memohon maaf,’’tutur Ketua Dewan Arsitek Sulawesi Tengah tersebut.

Konferensi pers yang dihadiri seluruh partai pengusung dan partai pendukung, relawan dan simpatisan serta beberapa media massa, Umank menyampaikan bahwa target tim pemenangan untuk memenangkan pertarungan menuju kursi Walkota dan Wakil Walikota Palu adalah 40 persen perolehan suara.

Target ini kata Umank, bukan tanpa alasan. Tapi berdasarkan hasil kerja dari tim koalisi dan tim relawan dalam proses pemenangan Hidayat-Habsa. Kondisi ini berbading lurus dengan hasil survey internal yakni PT Sain Indonesia yang menempatkan paslon 03 Hidayat-Habsa di posisi teratas dengan perolehan 39, 03 persen.

‘’Dengan melihat kondisi yang ada di lapangan dan gerakan yang dilakukan oleh tim koalisi dan tim relawan kami optimis bahwa pasangan Hidayat-Habsa dapat memenangkan Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Palu lebih dari 40 persen,’’tambahnya.***

Penulis: TIM