Sekkab Pasangkayu, Firman bersama Kadis PPKBP3A dan penyuluh KB Edukasi Masyarakat Menanam Sayuran Dihalaman Rumah Ditengah Pandemi Covid-19 Dusun Salunggaluku, Desa Randomayang

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Pemerintah Daerah (Pemda) melalaui Sekertaris Kabupaten Pasangkayu, Firman mengapresiasi program Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Pengendalian Penduduk, Perlindungan Anak (PPKBP3A). Menurutnya, terobosan menanam sayuran dihalaman rumah ditengah pandemic covid-19 sangat baik, apalagi adanya kebijakan tinggal di rumah (Stay At Home) oleh pemerintah.

Sekkab Pasangkayu itu tidak hanya memberi apresiasi. Namun dirinya terjung langsung ke lapangan melakukan edukasi menanam sayur-sayuran di rumah-rumah warga bersama  dinas PPKBP3A dan sejumlah penyuluh KB di Kabupaten Pasangkayu. Selain itu, para penyuluh juga mengajari masyarakat melakukan daur ulang bahan bekas.

Firman mengatakan, menanam berbagai jenis kebutuhan pangan di pekarangan rumah, berbagai senis sayuran, maka masyarakat telah membantu pemerintah mengantisipasi dampak ekonomi dimasa pandemi covid-19. Ia meminta kepala desa dan camat membantu dan mendukung penuh program tersebut.

”Ini sejalan dengan isntruksi bapak bupati pasangkayu untuk memanfaatkan pekarangan rumah. Sehingga walaupun pandemi Covid-19 ini berlangsung lama, kita tetap bisa mengantisipasi. pemenuhan gizi keluarga” Terangnya

Sementara itu, Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Pasangkayu, Arhamuddin mengatakan,penerapa 8 fungsi keluarga yang juga dijabarkan dalam program kerja BKKBN, di antaranya adalah fungsi agama, kasih sayang, ekonomi, social budaya, perlindungan, Reproduksi dan lingkungan.

Sekkab Firman Bersama Dinas PPKBP3A Pasangkayu, Camat dan Penyuluh KB dan Masyarakat Menanam Sayuran di Halaman Rumah

Menurutya, langka paling tepat dalam mencegah covid 19 ini adalah dengan menerapakan 8 fungsi keluarga salah satunya diterapkan hari ini fungsi lingkungan dan ekonomo. Dengan memamfaatkan halaman rumah dengan menanam sayuran-sayuran. Sehingga masyarakat yang berada dirumah tidak jenuh ditengah pandemi covid-19.

Dalam kegiatan itu juga turut dihadiri pemerintah  Desa dan Camat Bambalamotu serta sejumlah masyarakat dan ibu-ibu rumah tangga mengikuti program 8 fungsi keluarga dari dinas PPKBP3A Kabupaten Pasangkayu.