Timnas Indonesia wajib menang atas Timor Leste. (KAMARUL AKHIR / AFP)

JAKARTA — Timnas Indonesia perlu memaksimalkan babak pertama saat menghadapi Timor Leste di pertandingan kedua Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (13/11).

Skuat Garuda wajib memenangi laga melawan Timor Leste nanti guna menjaga peluang lolos ke babak semifinal. Pasalnya, di pertandingan pertama Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Singapura yang membuat mereka untuk sementara berada di peringkat ketiga klasemen grup.

Menghadapi Timor Leste, Timnas Indonesia tidak boleh membuang kesempatan gol. Setiap peluang yang ada perlu dimaksimalkan untuk bisa berada dalam posisi unggul dan terus menjauh.

Karena itu juga babak pertama dalam pertandingan nanti wajib dioptimalkan. Pasalnya dalam tiga pertemuan dengan Timor Leste sebelumnya, Timnas Indonesia lebih produktif di babak pertama.

Dalam pertemuan pertama dengan Timor Leste di Palembang pada 21 November 2010, Timnas Indonesia menang telak 6-0. Di babak pertama Tim Merah Putih langsung unggul 3-0 berkat gol Muhammad Ridwan, Oktovianus Maniani, dan Cristian Gonzales.

Di babak kedua Timnas Indonesia mencetak gol dengan jumlah yang sama melalui gol kedua Gonzales, dan tambahan satu gol masing-masing dari Bambang Pamungkas serta Yongki Aribowo.

Sedangkan dalam pertandingan kedua dengan Timor Leste, November 2012, Timnas Indonesia hanya menang tipis 1-0. Satu-satunya gol itu disumbangkan Bambang pamungkas pada menit ke-67. Itu merupakan satu-satunya pertandingan di mana Skuat Garuda gagal membobol gawang Timor Leste di babak pertama.

Pasalnya, dalam pertemuan terakhir pada November 2014, Timnas Indonesia kembali mencetak tiga gol ke gawang Timor Leste di babak pertama sebelum mengakhiri pertandingan dengan kemenangan telak 4-0.

Tiga gol Timnas Indonesia dalam pertemuan terakhir dengan Timor Leste di 45 menit pertama dicetak Sergio van Dijk, Zulham Zamrun, dan Evan Dimas. Sedangkan gol di babak kedua dikemas Samsul Arif.

Menariknya, seluruh pertandingan Timnas Indonesia melawan Timor Leste termasuk laga kedua di Piala AFF tahun ini terjadi di bulan November. (sry/har)

Sumber: CNN Indonesia

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here