Terkait Rekomondasi Tanah, Kades Lakea I Terpilih, Hadapi Sidang di PN Buol

 

Laporan: Suleman Dj Latantu

Buol, 50detik.com. Oknum Kades Lakea I terpilih ISL,  baru-baru ini terlihat atau terpantau berada di gedung Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kehadiran ISL yang terpilih kembali untuk kedua kalinya sebagai  Kades Lakea I, Kecamatan Lakea di PN Buol,  tak lain untuk jadual sidang pada Kamis tanggal 21 Oktober baru lalu.

Informasi yang diperoleh media ini menyebutkan, bahwa ISL hadir di PN Buol dalam kaitan perkara gugatan tanah dimana ISL selaku Kades Lakea I  konon banyak merekomendsi tanah desa yang ia pimpin. Tak heran kemudian, terjadi dugaan perampasan hak. Dimana orang yang sebenarya tidak memiliki hak atas tanah, kemuduan menjadi pemilik tanah gara-gara adanya rekomendasi dari ISL selaku Kades.

Itu sebabnya, carut marutnya persoalan kepemilikan  tanah di Desa Lakea I kurang lebih enam tahun berjalan, kini menyeruak. Bahkan konon lagi, ada tanah yang tumpang tindih hingga 13 kali diperjual belikan. “Pokoknya, banyak persoalan tanah yang menyandung oknum Kades Lakea I terpilih,” ungkap sumber media ini di Buol.

Tampak Bangunan Kantor Desa Lakea I

Sumber  lainya menambahkan, puluhan masalah tanah disebut-sebut akan “menghadang” oknum ISL. Sementara kabar beredar bahwa jika tak ada aral,  pelantikan serentak  Kades Buol terpilih akan dihelat tanggal 10 Bulann November depan.

Asisten I Sekdakab Buol Suwondo Sanua, SSos selaku Ketua Pemilihan Kabupaten sebagaimana dilansir CBN mengatakan bahwa pelantikan Kades terpilih Buol serentak akan dilaksanakan tanggal 10 November. “Insyaallah pelantikan Kades Buol terpilih tanggal 10 November, jika tak ada aral melintang,” kata Suwondo Sanua.

Disinggung kemungkinan ada oknum Kades tersandung masalah seperti kasus hukum sebut Suwondo, bukan menjadi ranahnya “Yang jelas, selaku panitia daerah, tugas kami usai Pilkades serentak, yakni melantik Kades terpilih,” tukas Suwondo.

Kembali ke laptop. Sumber media ini di Buol mambahkan bahwa ISL diduga terlibat merekomendasi tanah di desa “tetannga”, padahal bukan wilayahnya.  “Semua itu akann bisa dikuak sedikit-sedikit pak,” sebut sumber itu.

Dari informasi yang dihimpun, ISL dalam kaitan persoalan tanah di Desa Lakea I menjadi tergugat III. Untuk lebih jelasnya media ini berusaha menghubungi Kepala Panitera PN Buol, namun belum berhasil. Konfirmasi ke panitera PN Buol, tentulah dibutuhkan, terkait materi gugatan dan jadual sidang. Sehigga dugaan keterlibatan oknum Kades Lakea I terpilih ISL, bisa jelas.

Yang pasti, sidang ditunda pekan depan dan akan digelar kembali pada tanggal 2 November. Saat sidang akan digelar Kamis itu,  ISL ternyata tidak membawa KTP. Satu dari dua tetgugat siap, sementara tegugat lainnya hanya diwakili lantaran kurang sehat. Maka itu, sidang ditunda.

“lho bagaimana bisa ISL akan mengikuti sidang, nanti bisa tabrakan jadual dengan momen pelantikan. Tapi apakah seorang Kades terpilih dapat dilantik, sementara masalahnya tengah disidangkan?” tanya sumber. Nanti kan kita tunggu perkembangan selanjutnya.

Sementara Kades Lake I terpilih, ISL yang beberapa kali dihubungi melalui telpon untuk keperluan konfirmasi hingga berita ini ditayang belum berhasil. Karena saat ditelpon tidak pernah diangkat bahkan terkadang non aktif

Pos terkait