Gambar: Bawaslu Pasangkayu Melakukan Pengawasan Rekrutmen PPS dan Tahapan Pendaftar Calon Perseorangan

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Demi untuk memastikan penerimaan Panitia Pemungutan Suara (PPS) berjalan sesui aturan. Komisioner Bawaslu Kabupaten Pasangkayu, Nurliana terus melakukan pengawasa rekrutmen PPS sekaligus tahapan pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) perseorangan di Kantor KPU Pasangkayu.

Menurut Devisi  Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu Pasangkayu, Nurliana bahwa, pengawasan Perekrutan PPS dan pendaftaran Bapaslon perseorangan ini dilakukan untuk memastikan bahwa rekrutmen PPS dan tahapan pendaftaran calon Perseorangan berlangsung dengan lancar dan sesui dengan regulasi.

“Yang kita awasi untuk PPS ini yaitu terkait calon pendaftar bukan dari orang Parpol, tidak berafiliasi dengan calon yang akan maju, pendaftar sudah berusia 17 tahun dan lulus SMA sederajat” Ungkapnya Kepada 50detik.com pada Rabu (19/02/2020) Siang.

Selain itu, pihaknya juga mengawasi tahapan pendaftaran pasangan calon perseorangan yang bakal maju di pilkada 2020 tahun ini. Ini dilakukan sebagai langkah memastikan bahwa tahapan pendaftaran perseorangan itu sudah sesui alur dan regulasi pendaftaran yang sebenarnya.

“Sejauh ini belum ada yang kami temukan masalah rekrutmen PPS maupun tahapan pendaftaran paslon perseorangan semua masih aman dan sesui dengan alur pendaftaran” Terangnya

Sementara itu, Komisioner KPU Pasangkayu Harlywood mengatakan, sampai hari kedua Rekreukmen PPK ini, yang sudah melakukan registrsi pendaftaran secara online sebanyak  291 orang. Namun yang sudah mengantar berkas ke KPU belum diketahui secara pasti karena proses pendaftaran registrasi masih berjalan dan berakhir 24 februari.

Menurutnya, untuk kouta yang akan di terima PPS 3 orang perdesa orang yang akan tersebar di di kabupaten pasangkayu. Tapi  untuk pendaftaran PPK ini harus terpenuhi dulu 2 kali kebutuhan atau 6 orang minimal dalam satu desa yang mendafatar. Namun bila  tidak termpenuhi rekrutmen akan diperpanjang.

Selain itu, dalam rekrutmen ini juga KPU Pasangkayu mempermudah perekrutan dengan dikukanya perekturtan di empat titik sesui dengan dapil, dengan harapan pendaftar tidak jauh-jauh lagi mendaftar ke KPU terumatama yang jauh dari pusat kota Pasangkayu.

Harapannya semoga pendaftar PPS di pilkada ini banyak dan pendaftar diharapkan bisa belajar dengan maksimal sehingga pada ujian tertulis sistem CAT nantinya bisa menyelesaikan dengan baik.