HMS-MUS saat menghadiri pembukaan inovasi desa di Kecamatan Pedanda beberapa waktu lalu (Mawan/50detik.com)

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Duet H. Muhammad Saal (HMS)-Musawir Azis Isham (MUS) menuju  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Pasangkayu makin kuat, meski  HMS diterpa issu tidak akan punya kendaraan politik karena telah diborong kandidat lainnya termasuk partai yang dipimpinnya Hanura.

Partai “Restiorasi” Nasdem besutan Surya Paloh dari awal membuka pendaftaran, bakal mengusung calon yang memiliki Popularitas, Elektabilitas dan Aksebilitas, dan telah diuji oleh lembaga survei, seperti, Indikator,  Charta Politika, Poltracking, Indo Riset Consultant, JSI,  Indesktat, Pusdeham dan Research Center Media Group.

Pasangan HMS-MUS di survei oleh Poltracking, hasilnya yang tertinggi, sehingga menjadi salah satu dasar Nasdem memberikan rekomendasi ke mereka. “Patut disyukuri karena Nasdem mau bergabung dengan kita dan ini tidak kami sangka, bahwa kami yang mendapatkan rekomendasi itu,” tutur Muhammad Saal, via telepon, Jumat, 26 Juni.

Kali ini HMS-MUS, mendapatkan rekomendasi dari Partai Nasdem maju Pilkada Pasangkayu. dimana sebelumnya HMS juga telah mendapatkan surat tugas dari Partai Hanura pada tanggal 23 Januari 2020 lalu.

Ketua DPC Partai Hanura itu, tak menganggap bahwa bakal calon lain rendah surveinya.”Kami menggunakan jasa Poltracking, dimana berdasarkan survei mereka hasilnya sangat memuaskan kami. Tapi saya tegaskan, bahwa saya tidak menyebut calon lain itu surveinya rendash,” ungkapnya

Terkait surat tugas yang diserahkan oleh DPP Hanura, HMS menjelaskan bahwa sekarang ini sedang berproses.”Sekarang ini saya masih di Jakarta, karena rekomendasi dari DPP Hanura sementara proses. Kalau tidak ada halangan, dalam waktu dekat juga sudah keluar,” jelasnya.

Sedangkan MUS dikonfirmasi via telepon mengaku bersyukur, karena rekomendasi tersebut dikeluarkan tepat dengan tanggal dan bulan kelahirannya.”Alhamdulillah, saya mendapatkan spirit tambahan, setelah sebelumnya berfikir 1000 kali, bahwa kami tidak akan mendapatkan rekomendasi dari partai manapun. Dengan izin Allah dan doa dari masyarakat kabupaten Pasangkayu, satu rekomendasi yakni dari partai Nasdem diberikan kepada kami, tepat dihari kelahiran saya,” Ucapnya

Dengan rekomendasi tersebut, Musawir kembali mempertegas dan memantapkan sikap, dengan mengucapkan bismillahirrahmir rahim, ia akan bertarung berpasangan dengan HMS.” Niat sudah bulat, kaki sudah melangkah maju dan tidak akan berjalan mundur. Mendampingi pak HMS menuju Pilkada Pasangkayu tidak akan berubah lagi,” tandasnya.

Sementara itu, bakal pasangan lain Abdullah Rasyid – M Yusri Nur, bakal maju melalui jalur Independen yang syarat dukungannya akan di faktualkan 26 Juni – 12 Juli. Sementara Yaumil Ambo Djiwa – Herny Agus, telah mendapatkan rekomendasi dari Partai Perindo serta Partai Golkar beberapa waktu lalu.