Sulbar Peringkat Kedua Pengendalian Inflasi Terbaik di Indonesia

Pasangkayu,50detik.com- Sulawesi Barat (Sulbar) kembali menorehkan prestasi membanggakan dalam hal pengendalian inflasi. Provinsi ini berhasil menduduki peringkat kedua sebagai daerah dengan inflasi terkendali terbaik di Indonesia, dengan angka inflasi mencapai 1,25 persen.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar, Muhammad Idris, dalam wawancaranya dengan wartawan usai mengikuti review nasional inflasi 2024 pada hari Selasa, 4 Juni 2024.

Menurut Muhammad Idris, dari 38 provinsi di Indonesia, Sulbar dan Bangka Belitung menjadi dua daerah dengan inflasi paling terkendali, dengan sama-sama mencapai 1,25 persen.

“Prestasi ini patut dibanggakan karena Sulbar menjadi daerah dengan inflasi terendah atau paling terkendali di Indonesia,” ungkap Muhammad Idris.

Pencapaian ini diraih Sulbar berkat keberhasilan dua kabupatennya, yaitu Mamuju dan Majene, yang menjadi daerah sampling dalam pengendalian inflasi.

“Terutama Majene yang inflasinya bahkan di bawah nol koma sekian persen,” jelas Muhammad Idris.

Meskipun demikian, Muhammad Idris juga menyampaikan kekhawatirannya terhadap beberapa bahan pokok kebutuhan masyarakat yang dapat memengaruhi inflasi.

“Bahan-bahan seperti cabai, bawang merah, dan ikan perlu mendapat perhatian dan dikendalikan dengan baik,” tuturnya.

Oleh karena itu, Muhammad Idris menjelaskan bahwa pihaknya akan terus konsisten dalam menerapkan empat langkah untuk menjaga pengendalian inflasi di Sulbar.

Empat langkah tersebut adalah:

Memastikan tim pengendali inflasi bekerja keras dan terus memantau perkembangan, Melakukan gerakan pangan murah di pasar-pasar secara berkelanjutan, Memastikan operasi pasar dijalankan secara rutin di tingkat kabupaten, Memperkuat koordinasi antara provinsi dan kabupaten.

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan Sulbar dapat mempertahankan prestasinya sebagai salah satu daerah dengan inflasi terbaik di Indonesia.

Sumber: Humas Pemprov Sulbar

Pos terkait