Sosok Luciana Baculu Dinilai Layak Untuk Diposisikan Sebagai PLT Bupati Buol

Tampak DR.Luciana Is.Baculu,SE.MM bersama putranya mendampingi Ketua DPRD Sulteng HJ.Nilam Sari Lawira saat moment acara penting di Palu Sulteng

 

Laporan : Suleman DJ.Latantu

 

Buol.50Detik.Com. Gonjang ganjing soal figur calon Penjabat Bupati Buol pasca H.Amirudin Rauf dan H.Abdulah Batalipu, terus mengemuka. Tarik menarik soal putra daerah dan non putra daerah menjadi topik perbincangan hangat sejumlah kalangan tertentu di Kabupaten Buol.

Wakil Ketua Forum Kades bersama masyarakat Kabupaten Buol Suarno Pamentar seperti dilansir media ini menginginkan agar Gubernur Sulteng memprioritaskan putra daerah yang menjadi pejabat Bupati Buol yang notabene ASN yang dinilai layak dan memenuhi syarat.

Sementara sejumlah kalangan lainya berpendapat, putra daerah maupun non putra daerah, dinilai sama saja. Yang paling terpenting adalah figur calon tersebut bisa menjalankan pemerintahan dengan baik serta bisa merekatkan dan menyatuhkan hubungan silahturahim antar sesama masyarakat. Menyusul figur tersebut harus netral dan tidak punya kepentingan tersembunyi yang bisa menimbulkan gangguan terhadap stabilitas daerah maupun kondusivitas penyelenggaraan pemilu. Menurut sejumlah kalangan tersebut mengingatkan, agar pemerintah perlu menempatkan penjabat yang kredibel,kompeten dan bisa cepat beradaptasi dengan birokrasi daerah. Serta sosok figur tersebut mampu diterima dengan baik oleh para elemen masyarakat di daerah.

Jika sosok figur memiliki kriteria tersebut, maka tentunya pelayanan publik dan penyelenggaraan roda pemerintahan daerah tidak akan tertanggagu hingga terpilihnya kepala daerah definitif hasil pilkada 2024.

Sementara, menanggapi keinginan Forum Kepala Desa yang dikemukakan Wakil Ketua Forum Kades Kabupaten Buol, Suarno Pamentar, seperti dilansir media ini, sejumlah tokoh masyarakat Buol sependapat jika Gubernur Sulteng H.Rusdy Mastura dapat mengakomodir putra putri Buol untuk ditunjuk sebagai PLT Bupati Buol. Jika keinginan itu bisa disahuti, maka menurut sejumlah tokoh tersebut maka tentunya sosok istri mantan Bupati Buol Hj. Luciana Is Baculu, itu dinilai lebih cocok dan pas untuk diposisikan. Dengan alasan ia juga sudah memenuhi syarat dan kriteria yang cukup. Menyusul Luciana yang saat ini menduduki jabatan sebagai stap ahli di pemda buol itu juga sudah punya pengalaman yang matang terlebih ketika mendampingi suaminya Amran Batalipu sebagai Bupati Buol saat itu.

” Ya, paling tidak, kalau ibu dipercayakan, suaminya sebagai mantan Bupati Buol bisa membagi pengalaman terkait bentuk kebijakan yang harus dilakukan terkait dengan program pembangunan daerah serta bagaimana memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum” tandas sejumlah tokoh masyarakat kepada media ini

Pos terkait