Parigi, 50detik.com – Dalam upaya meningkatkan efektivitas pengawasan Obat dan Makanan, Balai POM Kota Palu bekerja sama dengan Komisi IX DPR RI melaksanakan Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan.
Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Camat Parigi Utara pada Sabtu (21/11/2020) dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan.
Kegiatan yang dihadiri puluhan warga dan tokoh masyarakat ini dibukan langsung oleh Camat Parigi Utara Rahman Nadja.

Kepala Balai POM Kota Palu, Fauzi Ferdiansyahdalam paparannya menyampaikan bahwa dalam menjalankan fungsi pengawasan Obat dan Makanan, diperlukan partisipasi aktif dari masyarakat agar obat dan makanan yang beredar aman, bermutu, dan bermanfaat. Selain itu juga diharapkan masyarakat tidak mudah tertipu dengan klaim Obat Tradisional yang berlebihan terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19. Sampai saat ini beberapa Obat dan Vaksin masih dalam proses kajian untuk mendukung klaim dalam pengobatan Covid-19.
Sementara Anggota Komisi IX Anwar Hafid yang diwakili Tenaga Ahli Muhammad Taufan menyampaikan perlunya masyarakat cerdas dalam memilih Obat dan Makanan, antara lain dengan menerapkan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) saat membeli produk obat dan makanan.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan pengetahuannya dalam memilih dan menggunakan Obat dan Makanan yang aman, bermutu dan bermanfaat.

Penulis : Agus Manggona