Soal Pelantikan Pengurus IPQAH Sulteng yang Tertunda. Kakanwil Kemenag Sarankan Begini

Palu, 50detik.com – Sejak terbentuknya Pengurus IPQAH (Ikatan Persaudaraan Qari/Qariah dan Hafiz/Hafizah) Sulawesi Tengah 2019, namun hingga saat ini belum dilantik karena bertapatan saat itu terjadi pandemi Covid 19 selama 2 tahun.

Karena itu, Ketua Umum :DPD IPQAH Sulteng, dr. H. Abdullah, DHSM, M.Kes bersama jajaran pengurus lainnya melakukan audiensi dengan Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, di ruang kerjanya, Senin (30/1/2023), untuk meminta bisa memfasilitasi rencana pelantikan tersebut.

“IPQAH Sulteng meminta kepada Kakanwil agar kiranya dapat dimediasi dan difasilitasi dalam pelantikan pengurus oleh DPP IPQAH,” ungkap Sekretaris Umum IPQAH Sulteng, Drs H Abdul Azis Tammauni, MM

Menurut Azis pengurus IPQAH yang ikut dalam kunjungan silaturrahim dengan Kakanwil antara lain; Ketua Umum : dr. H. Abdullah, DHSM, M.Kes, Ratna Madung, S.Ag., MM selaku Bendahara Umum, Drs. H. M. Jen Ismail, MM selaku Ketua Bidang, Mikdar Ince Ote, SE dan anggota Rusli Anggo, SH, Abd. Haris Lagala, SH., MH. selaku Wakil Sekretaris, dan Drs. H. Abd. Azis Tammauni, MM selaku Sekretaris Umum.

Seperti diketahui, kata Azis selaku qari’ terbaik internasional itu, bahwa IPQAH adalah organisasi Profesi yang di dalamnya menghimpun para Qari-Qariah dan Hafidz-Hafidzah yang bertujun untuk membina anak-anak remaja agar bsa menjadi qari-qariah dan haifidz yang hebat dan berakhlak mulia.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. H. Abd. Azis Tammauni, MM memberi penjelasan tentang pelaksanaan Muktamar ke 4 IPQAH yang dilaksanakan pada buan Desember 2022 lalu di Batam Provinsi Kepri, dimana Prof. Dr. K.H. Said Agil Husin Almunawar, MA, kembali terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum DPP IPQAH periode 2022 – 2027.

Menurut Azis, Ketua Umum dr. Abdulah sangat mengharapkan kiranya kanwil Agama Sulteng dapat memfasilitasi kegiatan-kegoatan yang dilakukan oleh IPQAH.

Azis juga menjelaskan, Kakanwil memberi saran agar pelantikan Pengurus IPQAH Sulteng disesuaikan dengan momen STQH Tingkat Provinsi Sulteng yang akan berlangusng di Kabupaten Tojo Una-una pada pertengahn Tahun 2023 ini.

“Pada prinsipnya Kakanwil agama sangat memberi apresiasi akan eksistensi IPQAH selaku mitra LPTQ yang diharapkan dapat melakukan pembinaan Qar-Qariah dan Hafidzh-Hafidzah di Sulteng,” jelas Azis. (*)

 

 

Pos terkait