Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melaksanakan Webinar bersama jurnalis Kalimantan dan Sulawesi dengan tema Sociopreneur, Peran Generasi Milenial Era Disrupsi, Rabu (11/11)2020).

Webinar tersebut dibuka oleh Kepala SKK Migas Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi, Syaifudin. Kegiatan itu menghadirkan empat narasumber yakni Sandiaga Uno (Sociopreneur), Andy F Noya (Wartawan Senior), Makroen Sanjaya (CEO Digidum.id) dan Pascalis Riswari (News Anchor Kompas TV).

Sandiaga Uno menjadi pembicara pertama dalam Webiner yang difasilitasi oleh JOB Tomori tersebut. Usai Sandiaga Uno, Andy Flores Noya (Hots talk show Kick Andy) sebagai pembicara kedua  mengulas soal eksistensi wartawan di era digital saat ini.

Andy F Noya pada kesempatan itu, berharap kepada para jurnalis untuk tidak memberitakan suatu berita palsu atau hoax dan harus bisa menyesuaikan keinginan pembaca secara tepat, cepat dan akurat.

“Pemberitaan harus kredibel dan terpercaya. Harus Independen, tidak boleh saling melangkahi satu sama lain, jurnalis harus berani tanpa kepentingan apapun. Tidak diatur oleh pengiklan ataupun dengan yang punya kepentingan. Keberanian sebuah tantangan profesional dan tetap menjalankan kaidah jurnalistik dan berani mengambil resiko,” papar hots Kick Andy tersebut.

Terpenting dalam era digital dan tantangan media kedepan harus mengikuti perkembangan jaman dan beradaptasi, mengikuti teknologi digital agar tidak tertinggal dan semakin cepat dijangkau dan dinikamati oleh masyarakat Indonesia.

“Ini suatu tantangan diera digital saat ini, tentu ada persaingan ketat, tetapi kita tetap harus semangat dan menjadi jurnalis yang profesional yang tidak bisa beli. Kita harus yakin bahwa kita bisa bertahan dan tumbuh bersama generasi milenial.**”