proses pertemuan "Bunga Desa" di Desa Lena. Senin, (15/11) di pimpin langsung bupati/wakil bupati poso./ FOTO : Ferdinand

PAMONA 50detik.com –   Desa Lena, dalam  keseharianya. tergolong  wilayah  yang  lengang dari keramaian  kerena desa ini jauh masuk ke dalam  dari  jalan poros  trans sulawesi  Desa Sangira- Pamona.  Tetapi   Pada  Senin, (15/11) 2021. Kampung  ini  tiba-tiba menjadi sangat ramai keberadaanya  akibat  di penuhi  warga dari berbagai desa, yang ingin mengikuti  hajatan Lounching  perdana  program Bunga Desa  di tempat itu.

Ada  ribuan orang    dari  7 Desa  di kecamatan  Pamona  Utara, terus berbondong-bondong ke areal  lapangan hijau  sepak bola  yang telah di pasangi  puluhan  tenda   sebagai  lokasi  pertemuan Bunga Desa, salah satu bagian dari  Visi- Misi  Bupati  Poso, dr. Verna GM Inkiriwang  dan  bapak M. Yasin Mangun S. Sos, Sebagai wakil bupati Poso. Kedua  pemimpin daerah  itu ingin menciptakan  kabupaten poso  sebagai daerah tangguh   dan terdepan di Sulawesi Tengah.

” Saya  melihat  program -program  bupati  sangat  relevan dengan  kebutuhan masyarakat  poso. suatu  keberuntungan  sebenarnya karena   kita  mendapatkan  pemimpin  yang bersedia  merasakan langsung  penderitaan rakyat dengan berkantor  di suatu desa. Program ini  kalau di pergunakan  masyarakat  secara baik, sudah pasti perkembangan  kita akan lebih cepat dan lebih tertib administrasi  kedepan” ujar  seorang hamba  Tuhan  kepada media ini. Senin, (15/11) 2021.

Di lapangan  cukup  luas  itu, telah berdiri  sejumlah  tenda untuk  stand  pelayanan dari sejumlah  dinas  di Kabupaten Poso. Khususnya yang terlibat  terhadap pelayanan  umum seperti Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Perempuan, Dinas  Kependudukan  dan catatan sipil,  Dinas  pertanian,  bahkan  instansi  lainpun ada  di tempat itu  diantaranya,  Kantor  Samsat Poso,  Badan  Nasional  Narkotika  Kabupaten Poso, Kepolisian dan beberapa  instansi  lainya.

Selama kegiatan  berlangsung, sejumlah layanan  terlihat sangat sibuk  karena  hari itu ada  ribuan warga  yang hadir  dengan berbagai  keperluan tentunya. di tempat ini, masyarakat  bisa  mengurus  pajak kendaraan bermotor  termasuk mengambil Surat Ijin Mengemudi, Masyarakat  boleh meminta  kepada  petugasnya  untuk  pengobatan atau  vaksinasi  hewan piaraan.

Masyarakat boleh  mengurus atau memperbaharui  Kartu  Keluarga (KK) atau  Kartu Tanda Penduduk  (KTP), dan banyak  lagi  fasilitas  yang tersedia  untuk melayani  masyarakat umum.

“Bunga Desa ini sangat  membantu kami  di desa. Contohnya  saya  tadi  sudah mengurus  SIM  di  bagian  kepolisian dan  prosesnya  sangat cepat tidak bertele-tela. Terima  kasih ibu dan bapak wakil bupati  programnya  sangat   membantu kami di desa,” Tanggap  Dalton  warga  desa Lena  dengan  wajah  riang.

Yang tidak kalah sibuk  adalah  jajaran Dinas  Dukcapil  hari itu  karena ada ratusan  orang yang  terus antri  di tempat mereka dengan  berbagai keperluan.  Hal yang sama  di alami pula   Dinas kesehatan Kabupaten  Poso.

Penulis : Ferdinand Puahadi.