Sejarah Berdirinya WHO. Ternyata Diusulkan Oleh Dua Negara Ini

 Jakarta, 50detik.com —World Health Organization atau WHO merupakan organisasi kesehatan dunia yang disepakati berdiri pada 7 April 1948. Tanggal ini pun dirayakan setiap tahun sebagai Hari Kesehatan Dunia.

Lantas, bagaimana sejarah berdirinya WHO, pendiri, serta apa saja program dari badan tersebut. Ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa dibentuk pada tahun 1945 karena dampak Perang Dunia II di banyak segi, salah satu hal yang mereka diskusikan adalah dibutuhkannya organisasi kesehatan global.

Dalam konferensi yang dilakukan di San Fransisco itu, perwakilan yang mengusulkan adanya organisasi kesehatan internasional adalah Brasil dan Cina. Setelah itu, tepatnya pada 15 Februari 1946, Dewan Ekonomi dan Sosial PBB menginstruksikan agar Sekretaris Jenderal mengadakan konferensi untuk menindaklanjuti usulan tersebut.

Komite Persiapan Teknis pun dibentuk dan bertemu di Paris pada 18 Maret hingga 5 April 1946. Mereka bertugas untuk menyusun proposal yang kelak menjadi konstitusi atau dasar agar WHO dapat berjalan.

Proposal tersebut dipresentasikan dalam Konferensi Kesehatan Internasional di New York City pada 19 Juni dan 22 Juli 1946.

Atas dasar proposal tersebut, Konferensi merancang serta mengadopsi Konstitusi Organisasi Kesehatan Dunia yang ditandatangani pada 22 Juli 1946 oleh perwakilan dari 51 Anggota PBB dan 10 negara lain.

Selain itu, Konferensi juga membentuk Komisi Sementara. Tugasnya melaksanakan kegiatan tertentu dari lembaga kesehatan yang ada hingga Konstitusi Organisasi Kesehatan Dunia diberlakukan.

Hingga kini, belum diketahui alasan 7 April 1948 dijadikan tanggal berdiri WHO. Padahal pada tanggal tersebut, kuota anggota yang meratifikasi konstitusi masih kurang. Terhitung, pada 26 April, barulah 61 pemerintahan (51 anggota PBB dan 10 negara lain) meratifikasinya.

Sumber: Humas Mabes Polri’

Tribratanews.polri.go

Pos terkait