RRI Palu Talk Show Bersama BKKBN Sulteng Ingatkan Masyarakat Tingkatkan Penggunaan Kontrasepsi

Palu, 50detik.com– Dalam rangka memperingati hari kontrasepsi sedunia pada tanggal 26 september disetiap tahun berjalan, RRI Palu melaksanakan program Talk Show bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah, diwakili SUB Bidang Koordinator Jalpemswa Penata KKB Ahli Muda oleh Latifah Awad Djibran, S.E., M.M.

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan kontrasepsi bukan hanya untuk mencegah kehamilan saja akan tetapi dengan menggunakan kontrasepsi, masyarakat dapat merencanakan keluarganya melalui berbagai metode kontrasepsi yang ada.

Peringatan hari kontrasepsi sedunia ini meliputi banyak kegiatan yang telah dilakukkan BKKBN dengan menggandeng para sahabat atau mitra BKKBN. Salah satunya adalah kegiatan TNI Manunggal – KB – Kesehatan (TMKK) yang saat ini sedang berlangsung pelayanan KB gratis sampai ke pelosok desa yang serentak dimulai tanggal 1 Agustus sampai dengan 30 September 2022 dengan target akseptor sebanyak 37.457, dan sudah masuk laporan sebanyak 24.957 (66,68%) yang sampai saat ini para petugas lapangan (PKB) dan Bidan masih terus melaporkan hasil pelayanan KB melalui google form yang yelah disiapkan oleh BKKBN.

Masyarakat yang ingin melakukan kontrasepsi, di Sulawesi Tengah terdapat terdapat 1794 faskes KB terdiri dari 38 rumah sakit, 223 puskesmas induk dan 1479 jaringan dan jejaringnya, 25 klinik, 19 TPMB (tempat pelayanan mandiri bidan). yang sudah teregistrasi/terdaftar di bkkbn, dan siap melakukan pelayanan KB bagi masyarakat umum secara gratis dengan alokon BKKBN. Selain itu pelayanan KB juga dilakukan pada saat kegiatan strategis, seperti TMKK, ulang tahun IBI, hari keluarga, serta pada kegiatan strategis lainnya yang melakukan pelayanan KB secara gratis.

Dengan menggunakan kontrasepsi banyak sekali manfaat yang diterima salah satunya adalah meningkatkan kualitas dan keharmonisan keluarga, dengan berkontrasepsi pasutri tidak perlu was-was/takut hamil.

Selain itu kontrasepsi juga sebagai tools atau alat untuk menjaga kesehatan khususnya kesehatan reproduksi.

Kontrasepsi sebagai pintu gerbang untuk merencanakan kehamilan, dengan menggunakan kontrasepsi menjadikan keluarga sehat dan berkualitas.

Sumber: Humas BKKBN Sulteng

Pos terkait