Palu. 50detik.com– Remaja yang tergabung dalam Forum Generasi Berencana (GenRe) Sulawesi Tengah (Sulteng) menebar ribuan masker kain kepada masyarakat di Kota Palu,

Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala (Pasigala). Forum GenRe turun hingga ke desa-desa bahkan sampai perbatasan.
“Pembagian masker kain ini atas inisiasi Forum GenRe. Mereka juga berperan aktif dalam mencegah penyebaran virus corona,” kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Maria Ernawati, di Palu, Rabu (6/5/2020).

Selain itu, Forum GenRe Sulteng juga berperan dalam menyosialisasikan Gerakan Cegah Putus Pakai Kontrasepsi di Masa Pandemi Covid-19. Hal ini untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan yang dapat menjadi penyebab terulangnya baby boom (ledakan kelahiran bayi).

Berdasarkan data proyeksi penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 bahwa jumlah penduduk usia remaja (10-24 tahun) sebanyak 27 persen dari total penduduk Sulawesi Tengah, yang mencapai lebih 3 juta jiwa.

Hasil Survei Kinerja Akuntabilitas Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Tahun 2018 menyebutkan bahwa di kalangan remaja, 69,8 persen berpendapat bahwa mereka tidak setuju menikah sebelum usia 21 tahun, dengan perencanaan yang matang maka harapannya menurunkan angka kematian ibu dan anak, serta stunting.

Kepala Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja (BKR) Perwakilan BKKBN Sulteng Latifah Awad Djibran mengatakan, Forum GenRe membagikan masker kain sekaligus sosialisasi program mulai dari program GenRe dan Gerakan cegah putus pakai KB.
“Bahkan ada masker yang dibuat khusus dengan pesan utama Gerakan Cegah Putus KB,” tambahnya. Selain itu, Bersama-sama dengan Perwakilan BKKBN membuat video tik tok dan lomba Gerakan Cegah Putus Pakai KB dalam bentuk video yang pesertanya dari penyuluh keluarga berencana/petugas lapangan keluarga berencana (PKB/PLKB).

Sementara masker kain, lanjut Tifa, dibagikan kepada masyarakat umum diberbagai titik. Di Kota Palu misalnya, dibagikan di hunian sementara dan jalan-jalan protokol.

Hal yang sama di Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala, Forum GenRe membagikan masker kain dan mengajarkan cara pemakaiannya. “Masih banyak masyarakat, terutama lansia, tidak tahu cara menggunakan masker,” ujarnya.

Penulis: Kasubbag Umum dan Humas, Bramanda Noya,

SUMBER: HUMAS BKKBN SULTENG