Buapati Agus (kanan) serahkan rancangan KUA-PPAS tahun anggaran 2021 Kepada Wakil Pimpinan I DPRD Arwi (kiri) disaksikan anggota DPRD Pasangkayu (mawan/50detik.com)

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Rapat Paripurna penyerahan rancangan Kebijakan Umum APBD, dan Preortas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran (TA) 2021 dipimpin langsung Wakil Ketua I DPRD Pasangkayu, Arwi pada  Selasa (21/72020) Siang.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Agus Ambo Djiwa, unsur pimpinan dan anggota DPRD  serta sekwa dan unsur pimpinan Forkopimda, dan sejumlah kepala OPD menempati tempat duduk di ruang rapat paripurna DPRD Pasangkayu.

Bupati Agus dalam sambutannya mengatakan, KUA-PPAS tahun 2021 diserahkan ini berdasarkan APBD tahun 2019 masih normal. “Kita tidak tahu apakah ini bisa tercapai dengan asumsi kondisi ekonomi saat ini (pandemi covid-19)” Ungkapnya.

Menurutnya, kondisi Covid-19 ini tidak ada yang tahu kapan akan berakhir. Maka dari itu, hampir seluruh daerah melakukan antispasi menjaga ketahanan pangan di kondisi dunia saat ini yang dilanda bencana non alam Covid-19.

Dikatakannya, tema pembangunan tahun 2021 yakni peningkatan SDM dan SDA untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Sejalan dengan tema pembangunan nasional dan provinsi.

Sementara alakosi dan anatomi APBD 2021 yakni, pendapatan daerah Rp. 827 milyar lebih, belanja daerah Rp. 856 milyar lebih. Belanja tidak langsung Rp. 242 milyar lebih, belanja langsung Rp. 432 milyar lebih. Sementara pembiayaan daerah Rp. 28 milyar lebih.

”Program pembangunan 2021 diarahkan pada penuntasan program Nawa Jiwa. Penyusunan program didasarkan skala preoritas atau money follow program. Pemkab mendukung penuh kelancaran pembahasan KUA-PPAS di DPRD ini” harapnya