Oleh : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Pasangan Calon Bupati Banggai Amiruddin Tamoreka-Furqanudin Masulili, akhirnya menjadi Champion dalam Pilkada Banggai 2020.

Kemenangan itu setelah Jaringan Suara Indonesia (JSI) menggelar konferensi pers quick count atau perhitungan suara sementara, di Sekretariat Koalisi Partai Pemenangan AT-FM Rabu (9/12/2020).

Menurut Nursandy selaku manager strategi dan operasional JSI mengatakan, 240 TPS sampel dengan margin eror 1 persen, menempatkan AT-FM meraih 43,87 % suara. Sementara suara yang masuk ke pusat tabulasi AT-FM sebesar 93.8 persen dari 221 TPS.

Dari hasil sementara itu, dapat dipastikan perolehan suara pasangan nomor urut 2 itu, tidak dapat terkejar oleh dua pasangan Sulianti-Zainal Abidin Alihamu yang meraih 23.08 % dan Herwin Mustar 32,05%.

“Hasil suara ini, tidak akan terjadi perubahan signifikan, sebab pegerakan angka perolehan suara menunjukan AT-FM tren positif,” ujar Nursandy.

Usai JSI memberi keterangan pers, Ketua Tim Koalisi Batia Sisilia Hadjar, di daulat memberikan pernyataan politiknya. Dia menyampaikan bahwa kemenangan yang diraih Paslon AT-FM bukan semata-mata kemenangan pasangan calon tetapi kemenangan rakyat Banggai.

Selain itu juga Batia minta kepada pendukung khususnya dan masyarakat Banggai pada umumnya, untuk mengawal hasil perolehan suara, dan kemudian menjaga agar Kabupaten Banggai agar tetap kondusif.

“Terima kasih untuk masyarakat Banggai yang telah memberikan kepercayaan kepada Pak Amir dan Pak Furqan menjadi pemimpin di daerah yang kita cintai ini,” ujar Batia.

Sementara Amir Tamoreka di hadapan ratusan pendukungnya mengatakan bahwa kemenangan ini adalah keinginan rakyat Banggai untuk perubahan. Sehingga sangat pantas jika saya menghaturkan terima kasih atas dukungan rakyat.

“Saat ini tidak ada lagi nomor satu, dua, atau tiga, yang ada sekarang adalah persatuan seluruh masyarakat Banggai untuk mencapai kemajuan dan kemakmuran masyarakat Banggai,” tandas Amir.***