Laporan:Darmawan
Pasangkayu,50detik.com– Mahasiswa Kuliah  Kerja Nyata (KKN)  STIT DDI Kabupaten Pasangkayu mengaku kaget ketika melihat puluhan ekor ikan sungai mati di sepanjang pantai Sarudu. Anehnya ikan yang mati itu jenis ikan-ikan sungai.

Muh. Rabbi salah satu Mahasiswa STIT DDI Pasangkayu  ketika melakukan tugas KKN observasi di sepanjang pantai Desa Sarudu Senin (17/02) sore menemukan puluhan ekor ikan sungai tergeletak di pinggir pantai Desa Sarudu, Kecamatan Sarudu.

“Mulai dari sungai kuma sampai pantai sempo puluhan ikan sungai mati. Saya menduga kematian ikan-ikan itu  akibat limbah pabrik perusahaan yang mengalir ke sungai kuma, mengakibatkan ikan-ikan mati” Kata Rabbi Mahasiswa KKN

Dirinya mengatakan, ikan ini terdampar sejauh  2 km dari muara sungai.” Anehnya ikan yang mati itu kebanyakan jenis ikan sungai yang diduga mengalir terbawa arus sungai ke pinggir pantai Sarudu sejauh 2 km” Ungkapnya.

Persoalan ini sudah diketahui beberapa dusun dusun. Dan ini akan dilaporkan   ke pemerintah Desa dan bahkan persoalan ini juga akan menjadi bahan  diskusi kami sebagai mahasiswa KKN  yang rencana akan  menghadirkan sejumlah instansi terkait seperti  Dinas Lingkungan Hidup dan Perusahaan Pabrik Sawit yang ada di Sarudu.