Yudhy Gunawan Abdi, S.Hut Saat menjadi Pemateri Pemanfaatan Limbah Pabrik Sawit dan Diikuti 16 Ibu-Ibu PKK di PT. ASL (Mawan/50detik.com)

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com-Seiring meningkatnya produksi dan proyeksi pasar industri sawit Indonesia yang menjanjikan termasuk di Kabupaten Pasangkayu, pabrik kelapa sawit juga menghasilkan peningkatan volume limbah. Namun sayangnya banyak yang tidak mengetahui apa saja potensi limbah kelapa sawit itu.

Nah, ini dia salah satu perusahaan sawit di Kabupaten Pasangkayu yang masih terhitung mudah usianya yaitu PT. Awana Sawit Lestari (ASL) yang ada di kabupaten Propnsi Sulawesi Barat (Sulbar) paling utara yaitu di Desa Sarudu, Kecamatan Sarudu, Kabupaten Pasangkayu.

Perusahaan sawit PT. ASL dibawa kepemimpinan Surosu mulai merubah persepsi negatif masyarakat terhadap  limbah sawit tersebut. Jangan salah, limbah sawit ternyata bisa dimamfaatkan berbagai hal salah satunya menjadi pupuk organik.

Hal tersebut diungkapkan Yudhy Gunawan Abdi, S.Hut saat menjadi pemateri dalam sosialisasinya pemamfaatan limbah pabrik sawit. “Tidak semua limbah sawit itu berbahaya, namun limbah sawit tersebut bisa dimamfaatkan menjadi pupuk”,Jelasnya saat menjadi pemateri di Aula Kantor PT. ASL.

Dalam sosialisasi pemamfaatan limbah sawit tersebut. Perusahaan menghadirkan 16 ibu-ibu PKK yang ada Desa Sarudu dengan harapan masyarakat bisa mengatahui potensi limbah pabrik sawit. “Kita ingi merubah pola fikir ibu-ibu PKK bahwa tidak semua limbah sawit berbahaya, melainkan limbah ini bisa dimamfaatkan menjadi pupuk” Jelasnya.