Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com-TIdak berlebihan jika sosok AKBP Reza Simanjuntak yang kini menjabat Kapolres Banggai Kepulauan (Bangkep), mendapat ‘acungan jempol’ dari pelbagai kalangan di wilayah kerjanya. Sebab melalui ide dan gagasannya  berhasil menelorkan program sosial yang diberi tajuk “Polres Bangkep Peduli”. Program itu tak lain untuk menciptakan kesan bahwa polisi juga memiliki humanisme yang cukup signifikan.

POLRES BANGKEP PEDULI-Personil Polres Bangkep bersama warga usai pemberian bantuan, untuk pembangunan Mesjid Nurul Iman Desa Bakalan Kecamatan Tinangkung, Jumat (12/3/2021). Foto : Polres Bangkep

Setelah menjadi tampuk pimpinan di Polres Bangkep pria berpangkat dua melati itu, melakukan banyak terobosan. Tak hanya soal disiplin kedinasan saja tapi Reza Simanjuntak, juga memformulasikan program sosial yang dia terapkan sejak awal tahun 2021.

PEDULI-Moment humanis diperlihatkan Kapolres Banggai Kepulauan (Bangkep) AKBP. Reza Simanjuntak beberapa waktu silam. Dimana AKBP Reza Simanjuntak memberikan sejumlah uang kepada seorang ibu yang ditemani anak balitanya yang tengah menggelar dagangannya disisi jalan. Foto : Dokumen Polres Bangkep.

Program sosial itu adalah Program Polres Bangkep Peduli, dimana institusi berseragam coklat tersebut atas ide dan inisiatif Reza Simanjuntak selaku Kapolres melahirkan tiga poin aksi sosial.

Pertama, bantuan untuk rumah Ibadah yang sedang dalam tahap pembangunan. Kedua memberikan stimulan berupa bantuan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang terkena Bencana atau Musibah. Terakhir atau yang ketiga adalah kegiatan Bakti Sosial Lainya.

Bantuan Rumah Ibadah

Aksi sosial tersebut, hari ini atau tepatnya Jumat (12/3/2021) kembali digiat, bertempat di Mapolres Bangkep diawali dengan menggelar ceremonial pelepasan bantuan material berupa 30 sak semen, yang diperuntukkan untuk pembangunan mesjid Nurul Yakin di Desa Bakalan Kecamatan Tinangkung Bangkep.

Usai prosesi pelepasan bantuan tersebut rombongan bertolak ke Desa Bakalan untuk penyerahan bantuan dimaksud.

Setibanya disana bantuan berupa 30 sak semen itu di serahkan oleh Kasubbag Pers AKP T. Yesene, yang disampingi oleh KBO Sat Intelkam Ipda Muh. Ruhil Newton Sugiarto dan anggota lainnya. Bantuan itu diterima langsung oleh Kepala Desa (Kades) Bakalan Sukrianto Hamid yang disaksikan pula oleh Ketua BPD Bakalan dan Ketua Panitia Pembangunan Mesjid bersama beberapa orang perwakilan masyarakat setempat.

Atas pemberian bantuan itu Pemerintah Desa (Pemdes) Bakalan dan masyarakat mengakui meringankan pembiayaan pembangunan rumah ibadah mereka yang kini masih dalam tahap pembangunan.

Dari pengakuan Kades maupun warga Bakalan, programi sosial yang kini tengah digiatkan oleh Polres Bangkep sangat membantu warga. Sehingga rangkaian ucapan terima kasih yang dialamatkan kepada Polres Bangkep tak berlebihan, demikian disampaikan oleh Kades Bakalan.

Kades juga berharap agar aksi sosial seperti itu, rutin dilakukan. Tak lupa, seluruh warga yang hadir pada moment itu memanjatkan doa dan harapan kepada seluruh jajaran Polres Bangkep agar senantiasa menjalin tali asih dengan warga, serta mendapat berkah dari yang kuasa.

Perlu diketahui, “Program Polres Bangkep Peduli” telah sembilan kali di laksanakan sejak program tersebut di terapkan. Adapun sumber dana atau pembiayaan berasal dari donasi suka telah dan tidak mengikat dari internal personil Polres Bangkep.

Adapun yang telah tersentuh program sosial itu antara lain, Mesjid Desa Manggalai Kec. Tinangkung, Gereja Dusun Poki-Poki Kec. Tinangkung, Mesjid An-Nur Desa Baka Kec. Tinangkung, Gereja Desa Patukuki Kec. Peling Tengah, Masyarakat korban kebakaran Desa Bongganan Kec. Tinangkung, Masyarakat Korban Banjir ROB di Desa Ponding-Ponding Kec. Tinangkung Utara, Pesantren di Desa Kautu Kec. Tinangkung dan terkhir bantuan untuk Mesjid Desa Bakalan Kec. Tinangkung.

Waka Polres Kompol Hamdan mengaku merasa bangga dan kagum atas semangat kepedulian dam berbagi ke sesama. Alasannya sangat sederhana kata pria berpangkat Kompol tersebut. Sebab kepedulian seluruh personil Polres Bangkep sangat kuat. Sehingga kesan polisi sebagai pengayom masyarakat dan polisi humanis terlukis dalam kegiatan sosial tersebut.

“Saya kagum dengan program Bapak Kapolres Bangkep ini. Saya baru sebulan tugas di Polres Bangkep ini merasa bangga atas kepedulian Personil disini. Semoga kegiatan positif ini dapat terus terlaksana dan menjadikan Polri tetap humanis,” tandas Wakapolres Bangkep.*/rls