Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Setelah batal mencalonkan diri dalam Pilkada Banggai 2020, salah seorang pengusaha muda Kabupaten Banggai, Happy Yeremia Manopo langsung “banting setir” memberikan dukungan kepada pasangan Herwin Yatim dan Mustar Labolo.

Kedua pasangan bakal calon itu diketahui kini masih berjuang dalam gugatan PTTUN atas keputusan KPU, soal status tidak memenuhi syarat (TMS) dalam kepesertaan Pilkada Banggai 2020.

Setelah dirinya gagal memperoleh dukungan partai politik dalam pencalonan Pilkada, Happy mulai intens menggelar konsolidasi untuk pemenangan pasangan calon petahana tersebut. Bahkan dibeberapa kesempatan, Happy tampak turut serta dalam kegiatan pemerintah daerah yang dilaksanakan Herwin Yatim dan Mustar Labolo yang kini masih menjabat sebagai bupati dan wakil bupati itu.

Seperti yang terlihat dalam kegiatan pelayanan administrasi kependudukan pencatatan sipil yang dirangkaikan dengan pelaksanaan nikah massal se Kecamatan Nuhon yang digelar di Desa Bangketa, Rabu (14/10/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Happy Manopo bahkan diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato. Dalam pidatonya, Happy menjelaskan soal kronologis rencana awal pencalonannya dalam Pilkada Banggai 2020. Ia menyebut, rencana pencalonannya bersama mantan Ketua DPD Golkar Banggai,  Samsulbahri Mang, menjadi gagal lantaran adanya pihak lain yang menjegalnya.

Meskipun tidak menyebutkan secara jelas arah tudingan itu, namun dari pidato Happy Manopo tersebut menggambarkan tuduhannya kepada pasangan calon Amirudin Tamoreka dan Furqanudin Masulili. Dijelaskan dalam pidatonya itu, sebetulnya pada awal pencalonan, ia telah duduk bersama mebangun komitmen bersama Paslon nomor satu dan Paslon nomor dua, untuk tidak saling mengganggu partai pengusung masing masing. Namun kenyataanya kata Heppy, pada penghujung waktu, partai Golkar yang saat itu dipimpin Samsulbahri Mang diambil oleh paslon lain.

Menurut Happy, dipenghujung waktu, jumlah kursi parpol pendukung dirinya dan Samsulbahri Mang kurang satu. Seperti diketahui, pasangan Samsulbahri Mang dan Happy Manopo dikabarkan akan didukung oleh Golkar dan Hanura dengan jumlah 6 kursi di DPRD Banggai.

Kekurangan satu kursi itu, kata dia, bisa ditutupi dengan 1 partai lagi yang memiliki 1 kursi di DPRD Banggai yakni Partai Perindo. Meskipun Perindo telah memberikan rekomendasi kepada Herwin Yatim dan Mustar Labolo, namun waktu itu menurut Happy, Herwin Yatim telah meminta Samsulbahri Mang untuk mengurus dukungan Perindo kepada pasangan BiHappy, agar pasangan tersebut bisa ikut dalam Pilkada.

“Ketika kami sudah mendapatkan itu semua (dukungan partai_red), eh tiba tiba perahunya pak Bali (Golkar_red) diambil oleh orang lain,” kata Happy.

“Hanya ada dua cara yang mereka lakukan untuk memenangkan Pilkada, pertama gagalkan Bihappy (Bali Mang-Happy Manopo_red) dan TMS kan Herwin Yatim dan Mustar Labolo. Itu yang mereka lakukan hari ini,” kata Happy lagi.

Pernyataan politik bernada tuduhan menjegal yang disampaikan Happy Manopo pada kegiatan Dinas Kependudukan Catatan Sipil tersebut, mengarah ke paslon Amirudin Tamoreka dan Furqanudin Masulili. Pasalnya, Paslon dengan nomor urut dua tersebut saat ini maju dengan rekomendasi dukungan dari Partai Golkar, bersama dengan NasDem,PKB dan Hanura.*/rls