Laporan : Mulyadi T Bua

Bankep-50detik.com. Untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke 72, (9/2), Persatuan Wartawan (Pewarta) Bangkep menggelar aksi nyata, dengan turun ke jalan untuk aksi bersih-bersih di lokasi MTQ Salakan.

Iman Firmansyah selaku Ketua Pewarta Bangkep memimpin pasukannya melaksanakan kerja bakti bersama masyarakat Desa Bongganan, Desa Tumpudau dan Kelurahan Salakan Kabupaten Bangkep Jumat (7/2).
Kerja bakti ini merupakan implementasi dari kerja nyata para jurnalis setempat. Karena menurut salah seorang wartawan senior Luwuk Post Iman Firmansyah, seorang wartawan tak harus gengsi atau malu berkutat dengan sampah namun wartawan harus mampu melakukan hal itu.

Ada filosofi sampah yang harus diadopsi sesuai dengan profesi wartawan. Apa itu ?. Membersihkan sampah-sampah birokrasi yang mengotori meja-meja institusi pemerintahan.

“Sebagai profesional di bidang jurnalistik, tentu membersihkan sampah birokrasi dengan sapu sosial control perlu dilakukan, sebagaimana kita membersihkan sampah dilingkungan kita,” ujar Iman sedikit berfilsafat.

Iman menabahkan, wartawan juga harus membaur dengan masyarakat untuk membangun komunikasi sosial secara kontinyu.

Dengan momentum Hari Pers Nasional (HPN) kali ini, para jurnalis memiliki beberapa kegiatan sosial. Selain kerja bakti di Lokasi MTQ, para punggawa media di Bangkep, menggelar aksi bersih-bersih di lokasi wisata Pantai Tabeabul, sekaligus akan mempromosikan tempat wisata itu. Bahkan membagikan sejumlah cindera mata kepada warga yang ikut kegiatan sosial itu.***