Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep50detik.com-Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I yang ditalangi melalui Dana Desa (DD) di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Sulawesi Tengah (Sulteng) tercatat per Sabtu (30/5/2020) mencapai Rp.5.058.000.000 atau 80.14 persen, telah tersalur kepada 8.430 Kepala Keluarga.

Angka itu disalurkan oleh 113 Pemerintah Desa (Pemdes), dari total 141 desa yang telah menyelesaikan pendataan dan Musyawarah Desa (Musdes) Khusus.

Rano Sanjaya Abdusama Koordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat, Kabupaten Banggai Kepulauan (foto : Istimewa)

Rano Sanjaya Abdusama selaku Koordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan menjelaskan, BLT DD sejumlah Rp.5.58 milyar telah tersalur kepada 8.430 Kepala Keluarga (KK) di 113 desa yang tersebar pada 12 kecamatan di Kabupaten Bangkep.
Sementara masih ada 28 desa yang belum menyalurkan BLT. Sebab masih dalam proses pengurusan administrasi atau dokumen pencairan di Dinas PMD Bangkep.

Salah seorang warga Bangkep menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. (Foto  Istimewa)

Seperti diketahui nominal bantuan tersebut setiap keluarga penerima manfaat mendapat Rp.600.000,/KK.
Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020, mensyaratkan prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 dialihkan jadi untuk Desa Tanggap Covid-19, Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Sebagai Koordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat, Rano Sanjaya berharap agar penerima BLT semoga dapat memanfaatkan bantuan pemerintah itu dengan baik.

“Masih 28 desa lagi yang tercatat sampai hari ini belum menyalurkan bantuan tersebut karena masih dalam tahap pengurusan administrasi. Namun dapat dipastikan pekan pertama Juni seluruh pencairan BLT tahap I tuntas,” pungkas Rano.***