Laporan : Mulyadi T Bua

Bangkep50detik-Setelah melalui serangkaikan acara dan lomba dalam rangka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVIII tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Salakan (Bangkep) sejak 16– 22 Maret 2020. Akhirnya, Minggu malam. Acara penutupan pun digelar dengan meriah bertempat di arena utama alun – alun Kota Salakan (22/3/2020).

Kegiatan yang berlangsung selama sepekan tersebut ditutup oleh Wakil Gubernur Sulteng Rusli Dg Pallabi, yang ditandai dengan pemukulan beduk dan penekanan sirene.

Dan yang menjadi perhatian seluruh peserta dan kontingen dalam ajang ini, adalah saat dimana keputusan dewan hakim tentang pemenang diumumkan.

Untuk Juara umum I diraih oleh Kota Palu dengan nilai 83, dengan rincian 13 raihan juara 1, sementara juara 2 ada 4 cabang dan juara 3 ada 6 kemenangan.
Untuk juara umum II di raih oleh Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) masing-masing juara 1 lima cabang, juara 2 sepuluh dan juara 3 ada enam cabang, dengan total nilai 61.

Sementara Kabupaten Banggai Kepulauan sebagai tuan rumah, tak disangka meraih peringkat III umum dengan nilai 49. Bangkep mendapat juara 1 sebanyak enam cabang, juara 2 tiga cabang dan juara 3 ada empat cabang lomba.

Penentuan juara umum ditentukan banyak jumlah perolehan kemenangan dengan menggunakan perhitungan juara I mendapat nilai 5, juara 2 bernilai 3 dan juara 3 bernilai 1 dikalikan dengan jumlah raihan juara.
Kota Palu sebagai juara umum berhak atas piala bergilir Gubernur Sulteng, piala tetap dan sejumlah bonus, sementara juara umum II dan III mendapat pialla tetap dan bonus.
Bapati Banggai Kepulauan Rais D Adam ketika memberi sambutan mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih. Dia juga menghaturkan permohonan maaf jika dalam pelaksanaan ada hal-hal yang tidak berkenan bagi peserta.
Sementara Wakil Gubernur, Rusli Dg Pallabi menyampaikan apresiasinya atas kelancaran penyelenggaraan MTQ. Dia mengucapkan selamat kepada para Qori’ dan Qori’ah yang meraih juara dan mengharap agar dapat mempertahankan prestasi yang diraih dan bagi yang belum mendapat juara jangan berkecil hati dan tetap semangat belajar.

” Jangan cepat berpuas diri, teruslah berlatih dan mempersiapkan diri untuk mengharumkan nama daerah pada MTQ di tingkat Nasional yang akan digelar di Provinsi Sumatra Barat.

Rusli, mengajak untuk menanamkan ajaran Alqur’an didalam kehidupan sehari-sehari, sebab inilah yang bisa membawa kejayaan bangsa “. Pungkasnya.***