Laporan Suleman Dj.Latantu

BUOL 50detik Com. Pemerintah Sulteng diminta untuk segera memprogramkan rencana peningkatan sejumlah bangunan jembatan yang menjadi kewenanganya di wilayah Kabupaten Buol. Salah satunya adalah jembatan yang menghubungkan antara Desa Lamadong 2 dengan Desa Guamonial, Pomayagon dan Desa Wakat Kecamatan Momunu.

Menurut sejumlah tokoh masyarakat, sejak diresmikan penggunaanya Gubernur Sulteng, HB Paliudju tahun 1999, bangunan jembatan konstruksi tiang baja dengan lantai papan tersebut ,hingga saat ini belum pernah direhabilitasi. Menyusul penggantian lantai papan hampir setiap tahun dilakukan jika kondisi papan yang terpasang sudah lapuk dan tidak bisa lalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Pantauan media ini menunjukan,bangunan jembatan saat ini nyaris tak bisa lagi lalui. Karena lantai papan yang terpasang kondisinya umumnya sudah lapuk. Dan masyarakat berharap, lantai jembatan yang selama ini hanya menggunakan papan ukuran 16 x 16 cm x 4 meter itu bisa dipatenkan, dengan lantai beton sekaligus. Karena keberadaan jembatan tersebut selain menghubungkan sejumlah, juga jembatan itu adalah akses jalur transfortasi menuju sejumlah Desa di wilayah Kecamatan Bukal

Selain itu, dua jembatan lainnya yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Sulteng, di wilayah Kecamatan Tiloan juga perlu menjadi skala prioritas untuk peningkatannya, yakni jembatan di Desa Maniala dan Desa Air Terang.