Bupati Pasangkayu Bersama Forkopimda dan Satahorder Rapat Kordinasi Terkait Antisifasi Virus Korona Di Rujab Bupati

Laporan: Darmawan

Pasangkayu,50detik.com- Menindaklanjuti Instruksi Presiden melalui Menteri Dalam Negeri, terkait antisipasi dan pencegahan infeksi virus corona (Covid-19).  Bupati Pasangkayu, Agus Ambo Djiwa bersama unsur Forkopimda, OPD dan tokoh masyarakat menggelar rapat koordinasi di Aula Rujab Bupati, Minggu (15/03/20) Malam.

Rapat koordinasi  itu sebagai respon perkembangan perubahan situasi nasional terkait dengan penyebaran virus korona  yang masif sebagai bencana nasional non alam. Maka Pemerintah Daerah Kabuaten (Pemkab) Pasangkayu perumusan langkah strategis, dalam rangka peningkatan kewaspadaan dan penanganan penularan virus corona dengan pembentukan Tim gugus .

Kata Agus, pembentukan Tim Gugus ini nantinya akan merumuskan beberapa strategi terkait pencegahan penularan COVID-19 di Pasangkayu. Melakukan survei harga sembako dan ketersediaan alat kesehatan di apotik-apotik. Juga menentukan status daerah apakah siaga atau tanggap darurat non alam.

“Gugus Tugas juga merumuskan protap tentang kapal asing yang akan bersandar di pelabuhan Tanjung Baku. Kemudian mengantisipasi adanya penimbunan alat kesehatan seperti masker, disinfektan dan hand sanitizer” terangnya.

Tampak sejumlah Pimpinan OPD Menghadiri Rapat Koordinasi Terkait Virus Korona di Rujab Bupati Pasangkayu

Selain itu, Tim Gugus Tugas juga diminta memassifkan sosialisasi langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19. Dalam bentuk panflet dan hal lainnya. Tak hanya itu, bupati juga menginstruksikan kepada seluruh OPD untuk segera membangun posko informasi/Call Center, agar masyarakat mendapatkan informasi yang akurat terhadap perkembangan virus corona.

“Saya tegaskan kepada siapa pun, agar tidak menyebarkan berita hoax yang dapat meresahkan dan menimbulkan kepanikan pada masyarakat”, Ungkapnya