Laporan : Mulyadi T Bua

Luwuk50detik.com-Tanggung jawab sosial dengan sistem tata kelola kemitraan yang diperlihatkan oleh Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) berdampak positif, terhadap warga di wilayah sekitar operasi perusahaan.

Program Kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan dampak ekonomi. Pola inilah yang kemudian diterapkan oleh JOB Tomori.

Salah satu kemitraan yang menjadi andalan adalah dengan mendirikan Depot Herbal dan membina warga untuk meracik suplemen atau obat herbal. Salah satunya adalah Depot Kalisbatan Desa Sinorang Kecamatan Batui Selatan (Batsel).

Produk yang dihasilkan dari depot herbal antara lain Sari Mengkudu, Sari Jahe, Sari Temulawak, Virgin coconut oil (VCO) dan beberapa produk herbal lainnya. Terbaru adalah Handsanitizer dan Disinfektan yang diolah dari bahan alami non kimia, yang diberi istilah ‘Simontok’, akronim dari Siri Lemon Tanpa Bahan Kimia.

Tak berlebihan jika pencapaian tersebut kemudian banyak kalangan di Banggai memberikan apresiasi, termasuk pemerintah setempat.

Pemerintah melalui Camat Batui Selatan I Made Brata, menyampaikan apresiasi sebab kemitraan yang selama ini terbangun antara masyarakat dan manajemen JOB Tomori, cukup baik sehingga mampu membangun ketahanan ekonomi masyarakat. Apalagi ditengah badai pandemi covid-19 seperti saat ini.

Olehnya itu, pemerintah kecamatan menghaturkan terima kasih kepada management JOB Tomori yang telah memberi kontribusi nyata kepada masyarakat, sehingga pemerintah kecamatan Batui Selatan siap memberikan dukungan penuh, setiap kegiatan baik itu kemitraan maupun kegiatan operasi produksi perusahaan.

“Tak berlebihan jika pemerintah berterimakasih kepada JOB Tomori yang telah berkontribusi kepada masyarakat kabupaten Banggai pada umumnya dan khususnya kepada masyarakat Kecamatan Batui Selatan.

Harapan kami semoga apa yang sudah di perbuat selama ini terus di tingkatkan, apalagi dalam kondisi wabah Covid -19, JOB Tomori tetap peduli dengan masyarakat,” pungkasnya.***