Laporan : Ferdinand

POSO 50detik.com – Rapat umum  Menyikapi  program pembangunan  Desa  alokasi dana  bersumber  dari  bantuan pusat  berupa Dana Desa ( DD) dan Alokasi Dana Desa ( ADD), telah berlangsung di Desa Malei Kecamatan Lage, Kabupaten Poso. Kamis,  (27/08/2020)

Pertemuan  pemerintah desa dan masyarakat  ini  telah di hadiri  jajaran pemerintah  Kecamatan Lage,  bersama masyarakat, dan di pimpin langsung kepala desa setempat, Markus Lasirina. S.Sos.

Dalam pembahasan  tersebut  terkuak pula  sejumlah program  kegiatan  Tahun  2020  yang tidak bisa di laksanakan  akibat pengalihan anggaran  pada penanganan   Covid 19 ( virus Corona).

Di ketahui, akibat Virus  Corona, oleh  pemerintah pusat  telah melakukan  kebijakan  pengalihan item   anggaran Dana  Desa   sebanyak 30%   di pergunakan  sebagai  penunjang  Bantuan Langsung Tunai ( BLT)  untuk di bagikan langsung kepada masyarakat berpenghasilan  rendah.

Pada penggunaan  DD maupun ADD  sebelumnya,  kades Markus  telah melakukan  berbagai kebijakan program  pembagunan  untuk mendorong  pertanian dan perikanan masyarakat setempat.  Adapun yang telah dilakukan  berupa  pengadaan dan  pemberian  alat  semprot  rumput  bagi petani, dan pengadaan rompong ikan bagi kelompok nelayan.

Selain usaha pemberdayaan  ekonomi, pemerintah setempat  terus berupaya  membangun berbagai kebutuhan infrastruktur  yang berkaitan dengan  kebutuhan umum.

“Saya terus melakukan koordinasi  melalui pertemuan berkesinambungan  untuk menyerap aspirasi    warga   agar penggunaan  anggaran kami benar – benar  menyentuh kebutuhan  utama mereka,”  Jelas Kades  Markus kepada media ini.