KADES LOKODIDI KECAMATAN GADUNG, ALUY A..SAID, S.Ip

Laporan Suleman Dj. Latantu

BUOL 50detik com. Dalam rangka mendukung pelaksanaan program one man one cow (1 orang 1 ekor sapi ) yang dicanangkan Bupati Buol tahun 2018, Pemerintah Desa Lokodidi setiap tahunnya mengalokasikan anggaran pengadaan sapi melalui APBDes.

Dan jumlah ternak sapi yang telah direaliasasikan pengadaanya sejak tahun 2018 hingga saat ini sebanyak 110 ekor dan rata rata sudah dibagikan kepada masyarakat untuk dirawat dan dipelihara dengan sebaik baiknya.

Kepala Desa Lokodidi Kecamatan Gadung Kabupaten Buol, Aluy A.Said, S
Ip menjelaskan, khusus hasil pengadaan sapi pada tahun pertama dan kedua yang telah dibagikan kepada masyarakat sudah berkembang biak sehingga jumlahnya terus bertambah. ” Prinsipnya, sebelum jabatan saya berakhir, saya terus mengupayakan agar seluruh masyarakat bisa memperoleh ternak sapi demi untuk kesejahteraan dan masa depan mereka” ujar Aluy kepada media ini.

Selanjutnya tahun 2021, pihaknya kata Aluy telah mengalokasikan anggaran penambahan pengadaan sapi sebanyak 20 ekor. Dan pekan lalu, sapi sebanyak itu juga telah dibagikan kepada masyarakat yang selama ini belum menerima sama sekali. Dan menyusul pada APBDes perubahan tahun ini akan diupayakan lagi pengadaanya jika kondisi keuangan desa masih memungkinkan.

Dikatakan, program one man one cow yang telah dicanangkan Bupati Buol H. Amirudin Rauf dinilai merupakan salah satu program yang benar benar epektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena dengan program tersebut masyarakat secara umum sangat merasakan hasilnya. Dan bagaimana meningkatkan jumlah populasi ternak agar bisa berkembang biak secara terus menerus, tentu semuanya kembali kepada masyarakat itu sendiri dalam pemeliharaan.

“Kalau masyarakat bisa memelihara dan merawat ternak sapinya dengan baik agar berkembang biak, tentu hasilnya juga akan mereka rasakan. Jadi, saya kira semuanya tergantung kesiapan masyarakat dalam meningkatkan jumlah populasi ternak sapi yang telah mereka peroleh dari pemerintah desa” ujar Aluy

[15/9 09:56] Sulaiman Buol: KADES LOKODIDI KECAMATAN GADUNG, ALUY A..SAID, S.Ip