POSO . 50detik.com – Dalam dua hari terakhir Senin, (17/5) dan Selasa, (18/5) 2021.
Pemerintah kabupaten poso telah menerima dan bertemu sejumlah elemen masyarakat yang datang khusus menyampaikan sikap sekaligus meminta untuk mendesak pemerintah pusat agar mengambil langkah dan sikap tegas terkait penyelesaian keamanan di poso.

Pada Senin, ( 17/5). Telah turun sejumlah Perwakilan dari aliansi masyarakat Lore sebagai salah satu wilayah menjadi korban dan terdampak langsung gerakan terorisme.

Mereka menyuarakan aspirasi kepada bupati dan wakil bupati tentang kekecewaanya terhadap pemerintah pusat karena di anggap tidak tegas dan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa berulang kali dari kelompok masyqrakat tidak berdosa

” Kami menilai Persoalan pengejaran kelompok sipil bersenjata di poso sudah menghabiskan waktu dan biaya tidak sedikit tetapi hasilnya justru kita di kejutkan lagi adanya pembantaian masyarakat petani di desa kalimago,” tanggap Muhaimin Iskandar, salah satu anggota aliansi

Geliat mulai munculnya berbagai opini di masyarakat, dengan pemahaman berbeda, Akhirnya pada Selasa, (18/5), pemerintah daerah poso kembali mengundang seluruh tokoh masyarakat yang merupakan perwakilan dari berbagai elemen masyarakat seperti tokoh dari lintas Agama, se – kabupaten poso, tokoh adat, se – Kabupaten Poso, dan tokoh masyarakat se – kabupaten poso.

 

Pertemuan ini telah berlangsung di ruang pogombo kantor bupati poso, dengan tujuan untuk menampung semua keluhan masyarakat untuk kemudian akan di tindak lanjuti penyampaianya kepada pihak terkait termasuk pemerintah pusat.

“Sebagai pemerintah dan penanggungjawab daerah, saya dan wakil bupati tetap akan berjuang bersama – sama rakyat demi masa depan kabuten poso yang sama – kita cintai. Kami tetap akan hadir dengan kondisi apapun dan tidak akan jenuh memberi support kepada seluruh masyarakat poso.

” Kami juga tidak sebatas hanya memberi santunan duka atau memberi bantuan logistik kepada wilayah terdampak aksi terorisme tetapi pemerintah daerah akan selalu hadir bersama masyarakat untuk memberi dukungan dan doa agar daerah dan rakyat poso dapat hidup bebas tanpa di hantui rasa takut. Kita akan selalu bersama saling memberi support untuk mewujudkan cita – cita bersama, membangun tanah poso yang kuat dan tangguh seperti daerah lainya,” Kata dokter Verna GM Inkiriwang memberi penguatan.

Dari pertemuan itu pemerintah daerah berupaya menampung semua aspirasi dari keterwakilan masyarakat, kemudian di rumuskan sebagai bentuk rekomenasi kepada pemerintah daerah untuk di tindak lanjuti sesuai tujuanya.* Fer